Resmi, Barbenheimer Masuk Wikipedia dan Urban Dictionary

Resmi, Barbenheimer Masuk Wikipedia dan Urban Dictionary

SALAH SATU poster Barbenheimer buatan fans untuk merayakan peluncuran Barbie dan Oppenheimer pada 21 Juli 2023.-Twitter-

HARIAN DISWAY – Kekuatan netizen memang luar biasa. Hype film Oppenheimer dan Barbie yang diluncurkan pada hari yang sama, 21 Juli 2023, mendapat julukan Barbenheimer. Saking populernya, istilah Barbenheimer kini masuk Wikipedia dan Urban Dictionary.

Wikipedia memaknai Barbenheimer sebagai fenomena internet yang mulai viral menjelang rilisnya dua film yang genrenya berbanding terbalik, Barbie dan Oppenheimer, pada 21 Juli 2023. Kata-kata itu adalah gabungan dari dua judul film tersebut.

BACA JUGA: Bingung Pilih Oppenheimer atau Barbie? Nonton Barbenheimer Saja!

Masih menurut Wikipedia, kontras antara Barbie (film komedi fantasi buatan Greta Gerwig yang didasarkan pada boneka legendaris Barbie) dan Oppenheimer (thriller biografi tentang fisikawan teoritis J. Robert Oppenheimer yang membantu pengembangan senjata nuklir karya Christopher Nolan) menuai respons jenaka dari warganet.


POSTER buatan para fans yang menggabungkan Barbie dan Oppenheimer menggambarkan fenomena Barbenheimer.-Twitter-

Sementara itu, Urban Dictionary memaknai Barbenheimer sebagai frasa konjungtif menanggapi peluncuran film Barbie karya Greta Gerwig dan Oppenheimer buatan Christopher Nolan pada 21 Juli 2023. Karena dua film itu sama-sama dinantikan fans, banyak yang berencana menonton film itu pada hari yang sama. Situasi itu memancing komedi mengingat betapa kontrasnya topik dan tone kedua film.

Urban Dictionary memberikan contoh penggunaan kata Barbenheimer.

’’Hei, Bro, apakah kamu akan bermain kostum untuk (event) Barbenheimer akhir pekan ini?’’
’’Sudah pasti: aku sudah menyetrika jasku, sedangkan pacarku sudah menyiapkan sepatu hak tinggi warna pink.’’

BACA JUGA: Dukung Barbenheimer, Bintang Oppenheimer Cillian Murphy 100 Persen Nonton Barbie

Dalam tataran yang lebih serius, para pengamat film memandang fenomena Barbenheimer sebagai ajang promosi yang bagus sekali.

Keputusan merilis film pada hari yang sama memang bagian dari strategi pemasaran Warner Bros. sebagai distributor Barbie. Mereka ingin menjegal pendapatan opening weekend Oppenheimer—properti Universal. Namun, faktanya, hal itu justru menguntungkan kedua belah pihak. 


SUDAH ada produsen yang menyediakan T-shirt Barbenheimer buat yang menonton Barbie dan Oppenheimer di hari yang sama.-Amazon-

’’Barbenheimer adalah berkah marketing yang lahir dari media sosial. Dan itu menguntungkan bagi Barbie maupun Oppenheimer,’’ jelas Paul Dergarabedian, analis media senior dari ComScore, seperti dikutip Associated Press.

BACA JUGA: Film Barbie Baru Tayang, Sutradara Greta Gerwig Ingin Bikin Sekuel

’’Anda akan mengenal kedua film itu dalam nuansa yang lebih mencolok dan menarik daripada kalau keduanya dirilis pada pekan yang berbeda,’’ lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the associated press