Royke Lumowa Gowes Jakarta-Paris: Pekan Ini Nyebrang Singapura

Royke Lumowa Gowes Jakarta-Paris: Pekan Ini Nyebrang Singapura

Royke Lumowa saat bersepeda melintasi beberapa kota di Sumatera untuk menuju Batam dan kemudian menyeberang ke Singapura, dan memulai perjalanan gowes ke 47 negara.--

HARIAN DISWAY - Warga Surabaya yang sudah berkendara di jalan sejak pertengahan 2000-an pasti ingat nama polisi satu ini: Royke Lumowa. Ya, mantan Kasat Lantas Polwiltabes (kini Polrestabes) Surabaya itu kini sedang mengusung misi, bersepeda Jakarta-Paris.

Purnawirawan Inspektur Jenderal (Irjen) polisi itu berangkat menjalankan misi itu pada 8 Juli 2023. Start dari Monumen Nasional (Monas). 

Mantan Kepala Korps Lalu-Lintas (Kakorlantas) Polri itu bakal bersepeda melintasi 47 negara. Dijadwalkan tiba di Paris pada Juli 2024 alias tahun depan! Tepat sebelum perhelatan Olimpiade musim panas yang digelar di Paris.

Perjalanan Royke bersepeda Jakarta-Paris sudah memasuki border Indonesia. Om Royke, begitu ia biasa disapa di kalangan cyclist, kini sudah berada di Batam, Kepuluan Riau.

Harusnya dari Batam, Om Royke akan memulai perjalanan lintas negara dengan menyeberang ke Singapura hingga terus lanjut ke utara.

"Saya sudah di Batam," kata Om Royke dihubungi Mainsepeda (Disway National Network), Selasa 18 Juli 2023. Royke mengaku perjalanannya lancar.

Ia masih menggunakan sepeda pertama, yakni Wdnsdy AJ1 Disc. Sebagaimana diketahui, perjalanan Om Royke bersepeda Jakarta-Paris di-support oleh Wdnsdy Bike. Itu merupakan merek sepeda milik Presiden Persebaya, Azrul Ananda

Ada dua sepeda yang digunakan mantan Kakorlantas Mabes Polri itu. Pertama, Wdnsdy AJ 1 Disc dan satu lagi Wdnsdy Titanium.

Start dari sari Monas, Royke bersepeda menuju Merak. Ia sempat ditemani 300-an cyclist yang mengawal dari titik start hingga keluar Jakarta. Bahkan ada 20 cyclist yang mengantar Om Royke hingga tiba di Kalianda.

Hari pertama, alumnus Akpol 1987 itu menempuh perjalanan 150 km dengan elevation gain 1000. Di perjalanan, Royke sempat menemui kendala di Pelabuhan Merak.

“Sempat ada kendala, rombongan cyclist terpisah kapal dengan mobil pendukung. Namun ini bukan masalah besar,” ujar Royke.

Setiba di Pulau Sumatera, Om Royke bersepeda menuju Bandar Lampung. Komunitas The Road Bike Lampung (TROL) ikut mengawal perjalanan pria yang pernah menjadi tiga kali menjabat kapolda itu. Perjalanan menuju Bandar Lampung berjarak 60 km.

“Saya berterima kasih pada teman-teman TROL yang mau menemani dan mensupport perjalanan saya menuju Lampung,” kata Royke.

Nama komunitas TROL memang sempat membuat heboh di Antangin Bromo KOM Challenge 2023. Saat itu mereka membawa truk khusus untuk mengangkut puluhan sepeda yang dibawa untuk menaklukkan Bromo KOM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: