DBL Seri Surabaya Digelar, KONI-Perbasi Kirim Pujian

DBL Seri Surabaya Digelar, KONI-Perbasi Kirim Pujian

Ketua KONI Jatim M. Nabil dan Ketua Perbasi Jatim Grace Evi Ekawati memuji gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region di DBL Arena, Jumat 21 Juli 2023.--

HARIAN DISWAY - Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, DBL kembali digelar. Tahun ini title kompetisi itu adalah Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024.

Surabaya menjadi kota pembukaan. Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region (Seri Surabaya), digelar di DBL Arena Surabaya, Jumat, 21 Juli 2023.

Sejumlah tokoh hadir di acara pembukaan. Mereka semuanya mengapresiasi konsistensi DBL Indonesia yang sudah 19 tahun menggelar kompetisi basket pelajar. Apalagi konsistensi itu telah berbuah sejumlah hal positif untuk dunia basket tanah air.

Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil misalnya. Dikutip dari DBL.id (Disway National Network) mengatakan, kompetisi basket DBL berpengaruh besar pada perkembangan basket Jatim. 

Nabil menyebut bahwa kompetisi DBL dapat menjadi seleksi alami bagi student athlete di Jawa Timur.

Menurutnya, dengan 19 tahun DBL Indonesia konsisten menggelar kompetisi basket, pelajar di Jawa Timur akan berkonsentrasi pada kompetisi ini. "Sehingga, sekolah dan pelajar akan mempersiapkan diri dengan baik," kata Nabil.

Nabil menambahkan, kompetisi DBL bisa menjadi jembatan menjaring bakat para student athlete. "Dari kompetisi ini kelihatan nanti, mereka yang sudah masuk Puslatda Jatim, setelah saya identifikasi, rata-rata banyak yang dari alumni kompetisi DBL," terang Nabil. 

Ungkapan Nabil tersebut mengingatkan kita pada prestasi timnas basket putri Indonesia yang meraih emas di SEA Games 2023 pada Mei lalu.

Di balik keberhasilan Indonesia mengukir sejarah itu, ada peran alumni kompetisi basket pelajar DBL. Bahkan alumni DBL begitu mendominasi di roster timnas basket putri Indonesia. 

Sebanyak 8 dari 12 pemain Indonesia di SEA Games 2023, merupakan alumnus kompetisi DBL. Mereka adalah Adellaide Callista, Nathania Claresta, Agustin Gradita, Dyah Lestari, Yuni Anggraeni, Kadek Pratita, Henny Sutjiono, dan Dewa Ayu M. Sriartha.

Kompetisi DBL selama ini juga menjadi wadah bagi student athlete dalam menambah jam terbang. Nabil pun berterima kasih kepada founder sekaligus CEO DBL Indonesia Azrul Ananda karena telah memberi ruang bagi pelajar untuk berkompetisi.

"Ada jenjang karier di sini, yang mengerucut dan memunculkan bakat-bakat itu," tambah Nabil. 

Saat menyaksikan Opening Party DBL Surabaya hari ini, Nabil juga terkesima terhadap semangat para suporter sekolah yang telah hadir. Ini juga dapat meningkatkan rasa sportivitas yang tinggi.

"Tadi di dalam saya melihat penonton seru sekali. Suporter-nya sopan-sopan, nggak pernah ada kabar konflik, jadi saya salut sekali dengan DBL," pungkas Nabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: