Tingkatkan Akses ke IKN, PUPR Perbaiki Jalan Rusak di Kawasan Penyangga

Tingkatkan Akses ke IKN, PUPR Perbaiki Jalan Rusak di Kawasan Penyangga

Salah satu ruas jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara daerah penyangga IKN yang akan mendapatkan perbaikan jalan lewat inpres jalan daerah -Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY - Perbaikan aksesibilitas merupakan salah satu program utama dalam pembangunan infrastruktur dasar Ibukota Negara (IKN) Nusantara. 

Termasuk perbaikan pada wilayah penyangga IKN. Berdasar Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023, Kementerian PUPR mendapatkan mandat untuk melakukan perbaikan jalan daerah dengan menggunakan anggaran APBN.  

Salah satu ruas yang diperbaiki adalah jalan daerah akses wisata Goa Batu Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara. 

BACA JUGA:Infrastruktur IKN On Schedule, Bisa Dibuat Upacara Bendera 17 Agustus 2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan bahwa penanganan jalan-jalan daerah yang rusak lewat Inpres Jalan Daerah akan dimulai secara serentak di seluruh Nusantara pada akhir Juli 2023 ini.

"Kami ingin memastikan bahwa Inpres Jalan Daerah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo harus mulai bulan Juli 2023 ini. Menurut saya sudah kita mulai semuanya, termasuk pada ruas jalan ini," kata Menteri Basuki. 

Perbaikan jalan akses  wisata Goa Batu - Tapak Raja mulai dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur melalui kontrak proyek pada 25 Juli 2025 lalu. 

BACA JUGA:Setelah Jakarta-Bandung, Pemerintah Jajaki Kerjasama Dengan Tiongkok Untuk Kereta IKN

Jalan ini terhubung dengan Jalan Nasional Samboja - Sepaku menuju Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Destinasi Wisata Goa Batu Tapak Raja, termasuk permukiman transmigran Semoi-Sepaku di Desa Wonosari. 

Basuki menjelaskan, jalan ini merupakan jalan milik Kabupaten Penajam Paser Utara yang melayani jalur transmigrasi. 

“Jadi disini banyak perkebunan, pertanian, dan peternakan. Kalau jalannya baik, tentu akan mudah membawa hasil perkebunan dan pertanian. Saya berharap  nantinya dari kawasan ini bisa menghasilkan dan mengirimkan dengan mudah seperi telur, ayam, hingga sayuran ke kawasan IKN," papar Basuki. 

BACA JUGA:Poros Kebangsaan IKN Mulai Dibangun

Penanganan Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja sepanjang 9,7 km dikerjakan dalam 2 paket pekerjaan. Meliputi akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 sepanjang 4,8 km dengan nilai kontrak Rp 34 miliar. 

Kemudian Akses Wisata Goa Batu - Tapak Raja 2 sepanjang 3,5 km dengan kontraktor PT Pesona Jaya senilai Rp 33,2 miliar. "Jalan ini merupakan salah satu ruas yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah Tahap I, ditargetkan selesai Desember 2023," kata Basuki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: