Kompetensi Soft Skill Lulusan Perguruan Tinggi

Kompetensi Soft Skill Lulusan Perguruan Tinggi

Ilustrasi wisudawan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. --

AGUSTUS 2023 ini, Universitas Airlangga kembali menggelar upacara wisuda. Seperti biasa, acara wisuda kali ini dilaksanakan di Airlangga Convention Center (ACC) Unair

Jumlah wisudawan yang dikukuhkan sebanyak 1.690 lulusan. Mereka terdiri atas lulusan jenjang diploma (D-3 dan D-4), sarjana S-1, magister, dan doktor. Pada wisuda kali ini, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik menduduki peringkat pertama dari segi jumlah. Yakni, 259 lulusan.

Dari fakultas ekonomi dan bisnis, jumlah wisudawan tercatat 220 lulusan. Fakultas sains dan teknologi 195 lulusan, fakultas kesehatan dan masyarakat 143 lulusan, serta fakultas ilmu budaya 179 lulusan. 

BACA JUGA:Kesempatan Mahasiswa Bidikmisi Ikut KKN Internasional

BACA JUGA:TANTANGAN WISUDAWAN MENGHADAPI PASAR KERJA

Paling sedikit lulusan berasal dari fakultas kedokteran gigi yang tercatat hanya 7 lulusan. Fakultas psikologi kali ini mengukuhkan 77 lulusan, fakultas keperawatan 100, fakultas hukum 81, fakultas kedokteran 63, dan fakultas kedokteran hewan 74. 

Sementara itu, dari sekolah pasca, dikukuhkan 41 lulusan dan dari SIKIA Banyuwangi dikukuhkan 39 lulusan serta fakultas vokasi 57 lulusan siap pakai bagi dunia industri dan lembaga pemerintahan.

BACA JUGA:Vokasi Pencetak SDM Global

BACA JUGA:Dosen di Pusaran Kapitalisme PT

Upacara wisuda dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Airlangga Prof Mohammad Nasih. Ia didampingi Ketua Senat Akademik Universitas Airlangga Prof Djoko Santoso, para wakil rektor, dekan, dan kepala unit di lingkungan Universitas Airlangga. 

Acara wisuda kali ini tergolong istimewa karena dihadiri tamu kehormatan sejumlah guru besar dari Management & Science University, Malaysia. Selain itu, wisuda kali ini istimewa karena salah seorang lulusan yang diwisuda adalah Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang lulus Program S-2 PSDM Sekolah Pasca Universitas Airlangga.

 

Percaya Diri

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Airlangga Prof Mohammad Nasih menegaskan bahwa para wisudawan saat ini patut berbangga karena bisa lulus dari perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: