Kebanggaan Dikukuhkan sebagai Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Kebanggaan Dikukuhkan sebagai Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Ilustrasi pengukuhan mahasiswa baru Universitas Airlangga, Surabaya.--

PAGI, 16 Agustus 2023, aula Airlangga Convention Center (ACC) penuh sesak oleh lebih dari 9 ribu mahasiswa baru yang resmi dikukuhkan Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Mohammad Nasih sebagai mahasiswa Universitas Airlangga

Tahun ini jumlah peminat SNBP 2023 di Unair mencapai 20.735 siswa. Jumlah yang diterima di jalur SNBP itu hanya 1.835 peserta yang berasal dari 755 sekolah. 

Peserta yang diterima juga merata berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Di luar jalur SNBP, mahasiswa baru Universitas Airlangga yang diterima berasal dari jalur UTBK, jalur mandiri, jalur kemitraan, dan jalur internasional. 

BACA JUGA:Kompetensi Soft Skill Lulusan Perguruan Tinggi

BACA JUGA:Vokasi Pencetak SDM Global

Di Unair, dari ribuan peserta yang diterima. Sebanyak 79.18 persen adalah perempuan. Bahkan, ada tiga program studi yang diterima 100 persen perempuan. Yakni, kebidanan, ilmu gizi, dan teknik gigi. 

Program studi yang terketat pada SNBP tahun ini masih dipegang S-1 kedokteran dengan keketatan 3,74 persen. Kemudian, S-1 psikologi 4,24 persen, S-1 farmasi 4,58 persen, S-1 keperawatan 4,52 persen, dan ilmu komunikasi 4,64 persen.

Wajah seluruh mahasiswa baru tampak berseri-seri. Semua bangga dengan capaian yang telah berhasil mereka raih. 

BACA JUGA:FGD dan Rapat Pimpinan Universitas Airlangga (1): Membangun Kualitas, Wujudkan Universitas Kewirausahaan

BACA JUGA:FGD dan Rapat Pimpinan Universitas Airlangga (2-Habis): Membangun Reputasi PT di Tingkat Global

Menjadi mahasiswa baru Universitas Airlangga tentu bukan hal yang mudah. Sebagai perguruan tinggi yang kini menduduki peringkat ke-81 Asia dan ke-345 dunia menurut QS WUR, tentu persyaratan untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru sangatlah ketat. 

Hanya lulusan SMA terbaiklah yang dapat lolos diterima di Universitas Airlangga. Menurut THE (Time Higher Education), Unair menduduki ranking ke-2 di tingkat nasional dan menurut subject keilmuan, tidak sedikit program studi yang menduduki peringkat pertama. 

 

Menyapa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: