FGD dan Rapat Pimpinan Universitas Airlangga (2-Habis): Membangun Reputasi PT di Tingkat Global

FGD dan Rapat Pimpinan Universitas Airlangga (2-Habis): Membangun Reputasi PT di Tingkat Global

Ilustrasi reputasi perguruan tinggi di tingkat global. -Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

DI era masyarakat post-industrial, yang namanya perguruan tinggi (PT) tidak lagi puas hanya menjadi ”jago kandang”. PT yang berkualitas tidak hanya memiliki reputasi baik di tingkat nasional, tetapi juga harus membangun reputasi dan berusaha memperoleh pengakuan di tingkat global. 

Itulah tema penting yang menjadi bahan diskusi dalam rapat pimpinan dan FGD (focus group discussion) di lingkungan Universitas Airlangga. Acara tersebut digelar di Hotel Pullman, Lombok, tanggal 31 Juli sampai 2 Agustus 2023.

BACA JUGA:FGD dan Rapat Pimpinan Universitas Airlangga (1): Membangun Kualitas, Wujudkan Universitas Kewirausahaan

BACA JUGA:FGD Bank Indonesia, Akademisi, dan Peneliti (1): Mengelola Mitos, Mendorong Optimisme

BACA JUGA:FGD Bank Indonesia, Akademisi, dan Peneliti (2-Habis): Menakar Manfaat Digitalisasi Sistem Pembayaran

Disadari, menjadi salah satu PT di tanah air yang termasuk lima besar, ada banyak tantangan yang harus dihadapi Universitas Airlangga. Menjaga kualitas dan menduduki tempat terhormat dalam sistem pemeringkatan global adalah salah satu agenda penting yang menjadi fokus perhatian para pimpinan di lingkungan Universitas Airlangga.

Rektor Universitas Airlangga Prof Muhammad Nasih dalam rapat memaparkan tekad untuk terus meningkatkan reputasi global dan kualitas proses pembelajaran di seluruh fakultas di lingkungan Universitas Airlangga. 

Universitas Airlangga, menurut QS World University Rankings (WUR), adalah PT yang memiliki peringkat terbaik di Provinsi Jawa Timur. Juga, menduduki ranking ke-4 di tingkat nasional. Dengan reputasi yang membanggakan tersebut, tentu harus ada bukti yang terimplementasi dalam praktik pembelajaran sehari-hari.

 

 

Ranking dan Reputasi

Menurut QS WUR, tahun 2023 Universitas Airlangga menduduki peringkat ke-345 dunia dan merupakan PTNBH peringkat ke-4 di Indonesia. Menurut subjek bidang keilmuan, Universitas Airlangga dilaporkan bahkan menduduki ranking pertama di tingkat nasional. Menurut narrow subject, Universitas Airlangga berhasil meraih sejumlah prestasi. Di antaranya, untuk subjek accounting and finance, Universitas Airlangga tercatat menduduki ranking antara 101-150 dan menduduki peringkat pertama di Indonesia. 

Sejumlah subjek keilmuan yang menempatkan Universitas Airlangga (Unair) menduduki peringkat pertama adalah law yang di tingkat global ranking 151-200, economics and econometrics peringkat global nomor 201-250, pharmacy and pharmacology peringkat nomor 301-350 global, dan linguistics peringkat global 301-320 serta semuanya ranking pertama di tingkat nasional. 

Untuk sociology, tercatat menduduki peringkat 301-340 di tingkat global dan ranking ke-3 di tingkat nasional. Sedangkan medicine menduduki peringkat 301-350 di tingkat global dan ranking ke-2 di tingkat nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: