Dua Atlet Wushu Semarang Bawa Pulang Tiga Medali Emas Kejuaraan Asia Wushu Junior 2023 di Macau

Dua Atlet Wushu Semarang Bawa Pulang Tiga Medali Emas Kejuaraan Asia Wushu Junior 2023 di Macau

Sasana Wushu Garuda Emas Semarang-Para atlet wushu junior Indonesia raih medali emas di Kejuaraan Asia Wushu Junior 2023 di Macau, Tiongkok, 14-20 Agustus 2023-

 

Kejuaraan Asia Wushu Junior 2023 tuntas dihelat di Macau pada 14-20 Agustus 2023. Bangsa Indonesia diharumkan oleh dua atlet dari sasana wushu Garuda Emas Semarang. Yakni Noach Daiki Santoso dan Deviana Meili Firdaus.

 

“Dua atlet kita total dapat tiga medali emas, satu perak, dan dua perunggu,” kata Sekretaris Pengkot Semarang Daniel Teguh Santoso. Noach dan Deviana yang berbakat itu berhasil merebut podium di semua kategori.

BACA JUGA:Pujian Khusus dari IGK Manila untuk Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 di Surabaya

 

Inilah kado terbaik yang dipersembahkan mereka untuk HUT Ke-78 Kemerdekaan republik Indonesia. Sang Merah Putih pun berkibar dengan gagah berkat perjuangan mereka. Bahkan di negeri yang menjadi asal seni bela diri wushu: Tiongkok.

 

 

Noach berhasil memborong dua medali emas. Yakni jurus Tangan Kosong Selatan (Nan Quan) dan Senjata Pendek Selatan (Nan Dao) di Grup B. Ditambah satu medali perunggu pada jurus Senjata Panjang Selatan (Nan Gun).

 

Sementara Deviana menyabet medali emas jurus Pedang (Jianshu). Lalu juga medali perak jurus Tombak (Qiang Shu) dan Tangan Kosong Utara (Chang Quan). “Ini juga kabar gembira buat atlet Semarang dan Jawa Tengah,” kata Teguh.

 

Perjuangan Noach dan Deviana memang tak sia-sia. Mereka sudah dipanggil Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) untuk mengikuti pelatihan nasional di GBK Arena Senayan, Jakarta. Tentu bersama 22 atlet wushu prajunior dan junior sejak 13 Juli lalu. 

 

Artinya, pelatnas pun tak sampai satu bulan. Karena semua atlet sudah harus tiba di MAcau, Tiongkok, sebelum 13 Agustus. “Mereka merupakan yang terbaik dari hasil seleksi,” kata Wakil Ketua Umum 1 PB WI membawahi Bidang Prestasi Iwan Kwok beberapa waktu sebelumnya.

 

Timnas wushu junior Indonesia kali ini telah sukses menorehkan prestasi membanggakan. Bukan hanya Noach dan Deviana yang berhasil membawa pulang medali emas. Tetapi ada dua atlet lain.

 

BACA JUGA: DKI Jakarta Rebut Piala Presiden Wushu, Soedomo: Jatim Harus Perkuat Sanda

Yakni Josh Tiesto Tanto dari sasana Rajawali Sakti Jakarta. Memboyong dua medali emas untuk jurus Nan Dao dan Nan Gun di Grup A. Selain itu, ada Breena Jeffelin Susanto  dari sasana Xiao Yao Surabaya menyabet satu medali emas Taiji Jian di Grup C.

Semua prestasi itu pun disambut gembira Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto. Seperti yang disampaikan oleh manajer timnas wushu junior Indonesia khusus Taolu, Herman Wijaya. “Ini merupakan medali terbanyak yang pernah diraih timnas wushu Indonesia selama tampil di Kejuaraan Wushu Junior Asia,” kata Herman Wijaya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: