Cara TTL dan Pelabuhan Tanjung Perak Atasi Biaya Logistik: Seragamkan SOP Pemeriksaan Karantina

Cara TTL dan Pelabuhan Tanjung Perak Atasi Biaya Logistik: Seragamkan SOP Pemeriksaan Karantina

Aktivitas bongkar muat di Terminal Teluk Lamong Surabaya meningkat setahun terakhir. -Terminal Teluk Lamong-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT Terminal Teluk Lamong (TTL) bersama Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak telah mengadakan pertemuan penting guna mendiskusikan implementasi Standar Operating Prosedur (SOP) Pemeriksaan Karantina serta penyediaan Tempat Pemeriksaan Karantina (TPK) di dalam area terminal (lini 1) Pelabuhan Tanjung Perak

Langkah itu diambil dalam upaya konkret untuk meningkatkan efisiensi biaya logistik dan menyempurnakan tata kelola operasional pelabuhan.

Para pihak yang hadir dalam pertemuan tersebut meliputi kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tanjung Perak, kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, serta direksi dari PT Terminal Teluk Lamong dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Muh. Anto Julianto, kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, mengungkapkan bahwa SOP yang sedang dalam proses finalisasi ini akan segera dijalankan dalam uji coba. 

"Setelah tahap finalisasi, SOP ini akan dikenalkan kepada para pengguna jasa," jelasnya. Hal ini diharapkan dapat memberikan panduan yang jelas dan konsisten dalam proses pemeriksaan karantina, menjaga kualitas layanan, dan meningkatkan efisiensi.

BACA JUGA:Catatan Kinerja Terminal Teluk Lamong Semester Pertama

BACA JUGA:Kunjungan Kapal ke Terminal Teluk Lamong Meningkat 102,35 Persen

Penyediaan tempat pemeriksaan karantina di dalam area terminal (lini 1) merupakan langkah signifikan yang diambil oleh TTL. 


Pertemuan PT Terminal Teluk Lamong dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tanjung Perak, kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, serta direksi dari PT Terminal Teluk Lamong d-PT TTL-

Sebelumnya, pemeriksaan karantina dilakukan di luar area terminal (lini 2), yang mengakibatkan biaya pemindahan petikemas keluar terminal untuk pemeriksaan karantina. 

Dengan adanya TPK di dalam area terminal, waktu dan biaya yang sebelumnya dikeluarkan dapat diminimalkan.

Direktur Operasi dan Teknik PT Terminal Teluk Lamong, Kalbar Yanto, menegaskan bahwa tim teknis yang telah terbentuk akan memberikan dukungan penuh untuk mempercepat finalisasi SOP. 

BACA JUGA:Simak Perubahan Jalur Flyover Aloha Ketika Berfungsi pada Desember 2023

BACA JUGA:Puluhan Alutsista Canggih Militer Australia Siap Ikut Latihan Super Garuda Shield 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: