Bangun Tidur Malah Pegal-Pegal? Jangan-Jangan Salah Posisi Tidur!

Bangun Tidur Malah Pegal-Pegal? Jangan-Jangan Salah Posisi Tidur!

BANGUN tidur malah pegal-pegal? Jangan-jangan salah posisi tidur, berikut yang disarankan untuk kesehatan. -Andrea Piacquadio-pexels

HARIAN DISWAY - Setiap orang pasti memiliki posisi tidur favorit yang berbeda-beda. Tergantung kenyamanan. Sering kali, kita merasa posisi tidur sudah nyaman. Namun, kenapa waktu bangun, badan malah pegal-pegal?

Apakah bantalnya kurang empuk? Atau karena tidak ada yang dipeluk? Wah, mari kita bahas.

Posisi tidur favorit tiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang telentang, miring ke kiri atau kanan, atau memeluk guling. Telentang pun beda-beda. Ada yang suka telentang dengan kepala terbenam di bantal. Ada juga yang tidak.

BACA JUGA: Lakukan 5 Hal ini Sebelum Tidur, Dijamin Nyenyak

Nah, jika Anda selalu bangun dengan perasaan lelah, meski sudah tidur selama delapan jam, bisa jadi, hal itu disebabkan oleh posisi tidur yang kurang baik.


TIDAK semua posisi tidur yang disarankan cocok untuk kondisi kesehatan Anda.-Andrea Piacquadio -pexels

Berdasarkan penelitian Universitas Melbourne, Australia, posisi tidur adalah hal yang penting. Dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Para ahli mengungkapkan, hanya ada satu postur tidur yang terbaik untuk kesehatan. Tetapi tidak berarti bahwa posisi itu sesuai dengan semua orang. Posisi tidur yang baik umumnya berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi kesehatan yang dialami.

Beberapa kondisi medis yang memerlukan posisi tidur khusus adalah mereka yang memiliki masalah tulang belakang, sedang hamil, menderita asam lambung (GERD), dan memiliki alergi.

Meski sulit menerapkannya dalam satu malam, tidak ada salahnya untuk mencoba menyesuaikan posisi tidur yang baik sesuai kondisi kesehatan Anda.

BACA JUGA: Luangkan Waktu 30 Menit untuk Short Nap, Bisakah Tidur Siang Singkat di Kantor?

Posisi tidur favorit Anda belum tentu posisi tidur yang baik untuk kesehatan. Karena itu, penting untuk mengetahui posisi tidur yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Buat orang dewasa, mendapatkan tidur yang berkualitas penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Sedangkan bagi anak-anak dan remaja, tidur berperan dalam mendukung tumbuh kembang.

Macam-Macam Posisi Tidur

Untuk menemukan posisi tidur yang terbaik, Anda harus mengidentifikasi masalah tidur yang mungkin dimiliki. Sehingga jika bangun akan merasakan segar kembali. Berikut beberapa posisi yang tidak disarankan untuk kondisi kesehatan tertentu.

BACA JUGA: Bingung Sering Mengantuk, Padahal Merasa Tidur Cukup? Atasi Dengan Cara Berikut

Posisi Tengkurap


TIDAK semua posisi tidur yang disarankan cocok untuk kondisi kesehatan Anda. --

Jika merasa kurang segar setelah tidur lama, cobalah untuk berhenti tidur tengkurap. Karena dengan posisi ini, tubuh lebih mungkin terbangun dengan nyeri sendi dan nyeri lainnya. Menurut Mayo Clinic, tidur tengkurap menyebabkan sakit punggung dan leher. Serta memberikan tekanan pada tubuh.

Namun, sebaliknya, Sleep Assessment and Advisory Service di Skotlandia mengungkapkan bahwa tidur tengkurap dapat memperbaiki pencernaan.

BACA JUGA: Coba 7 Kebiasaan Saat Bangun Tidur Ini

Posisi tengkurap merupakan posisi tidur yang hanya diminati sebagian kecil orang, karena posisi ini bisa menambah tekanan pada sendi, otot leher, dan saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber