Bingung Sering Mengantuk, Padahal Merasa Tidur Cukup? Atasi Dengan Cara Berikut.

Bingung Sering Mengantuk, Padahal Merasa Tidur Cukup? Atasi Dengan Cara Berikut.

Ilustrasi seorang yang mengantuk ketika sedang mengemudi di mobil-Alodokter-www.alodokter.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rasa kantuk sering muncul selama beraktivitas sepanjang hari. Terkadang Anda sering merasa bingung. Tidur sudah cukup, tetapi kok masih sering mengantuk. Yuk, atasi dengan sejumlah cara berikut.

Dimulai dari Anda mengetahui apa saja penyebab rasa kantuk tetap ada. Meskipun Anda merasa jam tidur malam sudah benar, ada sejumlah pemicu munculnya rasa kantuk, antara lain : 

1. Kurang berolahraga 

Rasa muncul malas memicu orang jarang berolahraga. Tubuh yang menjadi lemas akan membuat rasa kantuk meningkat.

2. Pola makan yang salah.

Meminum kopi dan makanan pedas yang berlebihan akan menyebabkan gangguan pada tidur anda di malam hari. Selain itu, makan berat pada waktu yang dekat dengan tidur bisa membuat tidur terganggu. 

BACA JUGA: Tidur yang Ideal Harus Berapa Jam?

3. Makanan Yang Tidak Sehat.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat tinggi secara berlebih akan meningkatkan rasa kantuk. Alasannya dikarenakan tubuh kesulitan melepas hormon yang memicu rasa kantuk. 

4. Depresi.

Saat orang mengalami depresi, terjadi perubahan jadwal tidur yang tidak sesuai biasanya. Bisa waktu tidur lebih lama atau justru lebih cepat. 

5. Efek Samping Dari Minum Obat Tertentu.

Ada beberapa jenis obat yang memicu munculnya rasa kantuk. Misalnya, beberapa obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, Antidepresan, obat yang mengobati mual dan muntah (antiemetik), obat yang mengatasi hidung tersumbat (antihistamin), Antipsikotik, Epilepsi, dan obat untuk mengatasi kecemasan. 

BACA JUGA: Coba 7 Kebiasaan Saat Bangun Tidur Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.alodokter.com