Kesal Sepi Penonton saat Streaming Jualan di TikTok Live, Sarwendah sampai Ngomong "Bangke"
Sarwendah dikenal sebagai seorang artis yang aktif berjualan live streaming untuk menjual produknya sendiri maupun orang lain. Selain itu namanya juga semakin melejit dengan bisnisnya yang terus berkembang. --
Berdasarkan pilihan responden, Shopee juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller, jauh melampaui TikTok Shop.
Menariknya juga, sesuai temuan survei IPSOS, fitur interaktif seperti live streaming dapat membuat transaksi jual-beli antara seller dan pembeli menjadi lebih mudah juga sangat diminati.
Melihat hal ini para platform marketplace pun berlomba untuk menyediakan fitur live streaming. Survei IPSOS juga menemukan responden memilih Shopee sebagai marketplace dengan fitur interaktif terbaik, disusul oleh TikTok Shop.
Hal ini pun semakin menunjukan bagaimana Shopee Live kini menjadi incaran masyarakat untuk berbelanja kebutuhan.
Sejalan itu, jika dilihat dari sisi pembeli, melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap, fitur interaktif seperti Shopee Live, merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online melampaui pesaing terdekatnya.
Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya seperti pemain baru TikTok Live yang tertinggal dengan angka 25 persen.
Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru hanya mendapatkan 30 persen suara.
Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi.
Dalam indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee Live berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam 6 bulan terakhir. Jauh melampaui TikTok Live di angka 30 persen.
Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee Live menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar. Sangat jauh melampaui pesaingnya TikTok Live.
Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce. Baik secara gambaran besar dari sisi penjual ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.
Lantas tak salah bukan jika semakin banyak deretan artis tanah air yang memutuskan berpindah hati. Mereka membuka lapak streaming jualannya di Shopee Live.
Tak hanya para selebritas, mitra brand dan penjual yang ikut memanfaatkan fitur Shopee Live demi meningkatkan performa bisnisnya. Apalagi kalau bukan untuk mendapatkan (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: