Kronologi Meninggalnya Personel Dara Puspita Lies AR

Kronologi Meninggalnya Personel Dara Puspita Lies AR

Lies AR saat tampil di Synchronize Fest. Gitaris sekaligus backing vokal Dara Puspita meninggal dunia di Mojokerto, pada Minggu, 17 September 2023.-Facebook Dara Puspita-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY - Pemain rythm gitar sekaligus backing vocal Dara Puspita, Lies Soetisnowati Tromp Lies AR berpulang pada Minggu, 17 September 2023.

Mendiang meninggal di Mojokerto, tiga hari pasca mendarat di tanah air dari Belanda, pada 11 September.

Titiek AR dan Susy Nander, dua personel Dara Puspita, membersamai Lies sejak awal kedatangannya di Mojokerto. Mereka pula yang menjadi saksi momen-momen terakhir mendiang.

BACA JUGA: Dua Personel Grup Musik Dara Puspita Kenang Mendiang Lies A.R.

BACA JUGA: Tak Bisa Melayat Lies AR, Titik Hamzah Dara Puspita Ungkap Duka Cita Lewat Cuitan di X

"Awalnya pada Kamis, 14 September, kami masih nyanyi-nyanyi bareng. Sama-sama keluarga juga," ujar Susy.

Namun, di tengah kegembiraan itu, Lies pergi ke lantai dua. Menuju kamarnya. Dia beralasan perutnya sakit. Tapi ditunggu sekian lama tak juga turun.

Setelah acara usai, Susy menengoknya di kamar. Menyentuh kening dan lengannya. "Panas. Lies demam tinggi. Saya mengusap minyak angin. Memberinya selimut dan memasangkan kaus kaki," ujar drummer 76 tahun itu.

Paginya, Lies merasa seluruh tubuhnya sakit. Bahkan berjalan ke kamar mandi pun harus dipapah.

"Saya menyentuh perut Lies. Saat itu perutnya mengeras. Saya rasa perlu dibawa ke rumah sakit," ujar Titiek. Karena kondisinya semakin memburuk, mereka membawanya ke RS Gatoel Mojokerto.

Lies masih sadar ketika itu. Sempat mengobrol sepatah dua-patah kata. Dia pun beberapa kali mencoba melepas masker oksigen, karena dirasa mengganggu.

"Namun, kami bujuk dia untuk tetap memakai masker itu. Karena saturasi oksigennya terus menurun," ungkap gitaris 78 tahun itu.

Perasaan Titiek dan Susy semakin tak menentu. Terutama pada Minggu, 17 September 2023. Susy hampir seharian berjaga di rumah sakit.

Sempat pulang untuk beristirahat. Tapi berkali-kali menerima panggilan untuk kembali.

BACA JUGA: Personel Dara Puspita Lies AR Meninggal Dunia di Mojokerto Akibat Gagal Jantung dan Komplikasi

Susy memutuskan pulang ke rumah pada pukul 10 malam. Lies dijaga oleh para keponakannya. Tapi takdir berkata lain. Pada 22:35, Susy dan Titiek menerima kabar bahwa Lies telah meninggal dunia.

Rencananya, pada Selasa, 19 September, dua putri Lies dari Belanda akan datang ke tanah air. Yakni Nina Tromp dan Cynthia van Ijzendoorn Tromp.

Mereka akan membawa jenazah ibu mereka untuk disemayamkan sementara di Adi Jasa. Selanjutnya dimakamkan di sekitar kediamannya, di Alphen aan den Rijn, Belanda bagian selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: