Istana Kepresidenan IKN Sudah 38 Persen, Jokowi Pasang Modul Bilah Burung Garuda Pertama

Istana Kepresidenan IKN Sudah 38 Persen, Jokowi Pasang Modul Bilah Burung Garuda Pertama

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memasangkan sekrup modul garuda sebagai bagian dari selubung Garuda sebagai fasad dari Istana Kepresidenan di IKN-Kementerian PUPR-

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Progress pembangunan istana kepresidenan di Ibukota Negara (IKN) Nusantara telah mencapai 38 persen. 

Pada Jumat, 22 September 2023, Presiden Jokowi secara simbolis memasangkan modul pertama bilang Burung Garuda di dinding Istana Kepresidenan. 

Kepala Negara memasang modul tersebut dengan sekrup. Lebih dari 4 ribu modul akan membentuk selubung sayap burung garuda yang menjadi fasade (muka) dari gedung kantor presiden. 

Adapun gedung kantor presiden ini didesain pula oleh seniman Nyoman Nuarta yang juga mendesain jembatan di ruas jalan tol IKN.  

BACA JUGA:Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diberi Nama "Whoosh", Ternyata Ini Singkatannya.

Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dan Seniman yang mendesain Gedung Kantor Presiden Nyoman Nuarta.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan gedung kantor presiden dan infrastruktur lainnya di KIPP sudah berjalan sesuai rencana. 

“Sejauh ini semua sesuai rencana. Saya kira bangunan-bangunan seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, maupun Kantor Kementerian semuanya sudah berjalan sesuai target,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga optimis bahwa semua infrastruktur KIPP dapat terselesaikan sehingga pada 17 Agustus 2024 semuanya sudah dapat digunakan sesuai fungsinya.

BACA JUGA:Data Internal Bocor, Microsoft Bakal Akuisisi Nintendo?

 “Kita bekerja harus optimis. Kalau Kantor Presiden sekarang sudah 38 persen dan pekerjaannya juga bagus,” tambah Presiden.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti membenarkan bahwa Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menyelesaikan  pembangunan gedung kantor presiden di IKN dengan progress fisik mencapai 38 persen.

“Kementerian PUPR sudah mulai memasang bilah-bilah garuda, mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2024. Karena jumlahnya ada 465 modul, dimana  pada 1 modul terdapat 10 bilah garuda. Jadi, total ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang,” jelas Diana.

Kementerian PUPR juga menargetkan penyelesaian Kantor Presiden selesai sebelum Agustus 2024. “Sehingga pada Agustus 2024 Pemerintah Indonesia siap untuk melaksanakan upacara,” harap Diana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: