Beroperasi 1 Oktober, Menko Marves Luhut dan Menhub Budi Karya Bocorkan Soal Tarif KCJB Whoosh

Beroperasi 1 Oktober, Menko Marves Luhut dan Menhub Budi Karya Bocorkan Soal Tarif KCJB Whoosh

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa Presiden Jokowi akan menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung pada 1 Oktober mendatang-Kemenko Marves-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 1 Oktober nanti.

“Ya, itu kereta api cepat, presiden mungkin akan melakukan soft launching tanggal 1 Oktober, kemudian nanti kita lihat,” ungkap Luhut saat ditemui usai rapat terbatas (ratas) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 27 september 2023.

Mengenai tarif yang diberlakukan untuk menaiki kereta yang diberi nama Whoosh tersebut, Luhut mengatakan hal tersebut juga akan diumumkan dalam waktu dekat.

Presiden Jokowi pun disebutnya sudah memerintahkan agar nantinya ada diskon pada masa-masa awal operasional bertahap yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses masyarakat agar dapat beralih menggunakan kereta cepat.

BACA JUGA:Pesan Leona Lewis buat Putri Ariani di AGT 2023, Jangan Dengarkan Semua Kata Simon!

“Harganya masih dibicarakan, presiden akan memberikan diskon berapa lama dulu nanti per tahap itu. Jadi, presiden itu basically ingin kita semua bisa menikmati dengan harga yang bagus dan ini juga jalan,” tambahnya.

Sebagai informasi, saat ini Kereta Cepat Jakarta-bandung (KCJB) akan menempuh jarak 142,3 km dengan kecepatan maksimum 350 km/h. Kereta ini akan melewati stasiun sepanjang Jakarta-Bandung dengan empat lokasi pemberhentian yaitu:

  1. Stasiun Halim (yang terhubung dengan LRT)
  2. Stasiun Karawang di Teluk Jambe
  3. Stasiun Padalarang di Bandung Barat akan menjadi stasiun penghubung KCJB
  4. Stasiun Tegalluar Bandung (yang terhubung dengan BRT) 

Saat diuji coba pada Bulan Juni lalu secara terbatas, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menempuh jarak dari Stasiun Halim menuju ke Stasiun Tegalluar dengan waktu sekitar 40 menit (tanpa berhenti di Stasiun Karawang dan Stasiun Padalarang).

BACA JUGA:Prabowo Bertemu dengan Ulama di Jatim, Cawapres Mengerucut Jadi 2 Nama

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membocorkan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung nantinya berada di kisaran Rp 250 ribu-Rp 300 ribu per penumpang dalam sekali jalan, dengan asumsi tanpa subsidi tarif. 

“Rangenya Rp 250-350 ribu. Oh gak ada PSO. Full komersial,” tutur Budi Karya di Stasiun Tegalluar, Bandung Barat, Jawa Barat, pada Kamis 22 September 2023.

Sebelum akhirnya resmi diluncurkan, masyarakat masih bisa mencoba sensasi Kereta Cepat Whoosh secara gratis hingga 30 September 2023. Bagi warga yang belum merasakan pengalaman menaiki kereta cepat ini, KCIC telah membuka pendaftaran uji coba Kereta Api Cepat Whoosh tahap ke 2. 

Pendaftaran tahap kedua telah dibuka sejak 24 September 2023 untuk keberangkatan di tanggal 25-30 September 2023. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs https://ayonaik.kcic.co.id/ khusus penumpang tidak berbayar. 

Melihat antusias masyarakat begitu tinggi, KCIC menuturkan bahwa kereta cepat tidak berbayar ini akan berlaku hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas yaitu 500 kursi untuk setiap perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: