Dalam Tabligh Akbar, BI Tegaskan Komitmennya dalam Perkembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Dalam Tabligh Akbar, BI Tegaskan Komitmennya dalam Perkembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Di hadapan ribuan orang yang menghadiri Tabligh Akbar pada 30 September 2023 di Masjid Al-Akbar, Surabaya, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf menyampaikan tausiah sesuai tema acara. -M Ma'ruf Zaky-

HARIAN DISWAY - Bank Indonesia terus berkomitmen dalam perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Salah satunya dalam hal pengembangan sumber daya manusia melalui pemberdayaan umat.

Komitmen tersebut ditegaskan melalui kegiatan Tabligh Akbar pada 30 September 2023. Sebagai rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2023 yang menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

Habib Syech menyampaikan tentang tema “Meneladani Sifat Amanah Nabi Muhammad SAW dalam Bermuamalah untuk Mewujudkan Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghofur”.
Kegiatan Tabligh Akbar pada 30 September 2023. Sebagai rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2023 yang menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. -M Ma'ruf Zaky-

Bahwa bermuamalah yang dimaksud adalah bagaimana umat muslim senantiasa menerapkan syariah Islam dalam berbagai aspek kehidupan seperti makanan, pakaian, dan kehidupan.

Termasuk di dalamnya adalah aktivitas yang berhubungan dengan perbankan, agar menghindari transaksi yang berpotensi gharar dan maysir serta dalam hal jual beli senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip syariah.

Tampak hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Doddy Zulverdi, Asisten Perekonomian Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Timur Ir. Mohammad Gunawan Saleh MM, serta seluruh Kepala Perwakilan Bank Indonesia se-Jawa.

BACA JUGA: Hari Kedua Fesyar Jawa 2023: Ada Fatin di Pakuwon, Habib Syech di Masjid Al Akbar

Doddy menyampaikan bahwa semangat meneladani sifat amanah Nabi Muhammad SAW dalam bermuamalah sejalan dengan harapan bahwa pada 2024 Indonesia akan menjadi pusat kekuatan ekonomi syariah di dunia.

"Karena itu salah satu upaya adalah pentingnya umat Islam untuk senantiasa membangun perekonomian umat melalui sumber-sumber Social Islamic Finance," katanya.

Bisa dengan wakaf yang menjadi program dalam kegiatan Fesyar Regional Jawa 2023. Ada banyak manfaat utama wakaf. Antara lain membantu meningkatkan kesejahteraan umat, membantu pembangunan negara, dan membantu pemberdayaan ekonomi umat.

Juga untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas tempat ibadah dan sarana pendidikan dan yang kelima untuk  meningkatkan rasa kepedulian antar sesama.

Dalam kesempatan itu Gunawan turut menyampaikan pentingnya ekonomi syariah terhadap perekonomian di Jawa Timur. Berbagai proyek, produk, serta layanan telah diluncurkan dalam rangka mengakselerasi ekonomi syariah di Jawa Timur.
Asisten Perekonomian Pembangunan Sekda Jawa Timur Ir Muhammad Gunawan Saleh MM menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Timur yang berhalangan hadir pada Tabligh Akbar di Masjid Al Akbar, Surabaya pada 30 September 2023. -M Ma'ruf Zaky-

"Antara lain Kawasan Industri Halal, program fasilitasi sertifikat produk halal, OPOP (One Pesantren One Product), fasilitasi sertifikasi Halal bagi RPH, pengembangan wisata halal, serta pameran dan misi dagang produk halal unggulan Jawa Timur," katanya.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Gelar Fesyar 2023 dan Tabligh Akbar Bersama Habib Syech

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: