Ini Dia Profil Desak Made Rita Kusuma Dewi, Gadis Bali yang Raih Emas Asian Games 2023

Ini Dia Profil Desak Made Rita Kusuma Dewi, Gadis Bali yang Raih Emas Asian Games 2023

Desak Made Rita Kusuma Dewi setelah sukses bawa pulang emas di ajang Asian Games 2023, di Huangzhou, China--

HARIAN DISWAY - Climber andalan Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi, kembali membuat kita bangga. Dia berhasil menyumbangkan medali emas Asian Games 2022 dari cabor panjat tebing. Tepatnya dari nomor speed putri.

Siapa Desak Made? Apa saja prestasinya? Berikut ini profil dan beberapa capaian penting Desak Made Rita Kusuma Dewi yang meraih emas keenam Indonesia di ajang Asian Games 2023.

Dalam Asian Games, Desak Made menjadi yang tercepat pada final speed putri yang digelar di Shaoxing Keqiao Yangshan Sports Climbing Centre, Selasa malam, 3 Oktober 2023.

BACA JUGA: Melesat Cepat! Desak Made Raih Emas Keenam di Asian Games 2022: Saya Yakin Sayalah Juaranya!

Dia melibas lintasan vertikal dengan catatan waktu 6,364 detik. Catatan waktu itu juga sekaligus memecahkan rekor Asian Games!


INI DIA profil desak Made Rita Kusuma Dewi, gadis Bali yang raih emas Asian Games 2023.-NOC Indonesia-

Dalam pertandingan final, Desak Made mengalahkan Deng Lijuan. Climber Tiongkok itu meraih perak dalam waktu 6,435 detik.

''Sebelum kompetisi, saya selalu meyakinkan diri bahwa saya bekerja keras. Sudah berlatih sedemikian rupa. Dan ini adalah puncak yang sama impikan selain ke Olimpiade Paris 2024,'' tutur Desak Made, dalam siaran pers yang dirilis NOC Indonesia.

''Saya selalu yakin dan saya adalah juaranya,'' tegas dia.

BACA JUGA: Garang! Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Kelima Indonesia Angkat Besi di Asian Games 2023 dan Pecahkan Rekor Dunia!

Desak Made Rita Kusuma Dewi merupakan climber kelahiran Buleleng, Bali, pada 24 Januari 2021. Jadi, kini usia dia 22 tahun. Dia merupakan salah seorang atlet panjat tebing terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Sejak 2018, Desak sudah mewakili Indonesia di ajang kompetisi tingkat internasional di berbagai nomor perlombaan. Mulai speed, lead, dan boulder. Dia adalah tipe all-rounder. Bagus di semua nomor. Namun, spealisasi dia di speed.


Potret Desak Made Rita Kusuma yang berhasil persembahkan medali emas untuk Indonesia dari cabor panjat tebing putri--

Menelisik ke kehidupan semasa kecilnya, Desak Made mulai jatuh hati pada cabang olahraga panjat tebing sejak duduk di bangku SD, tepatnya saat ia berusia 10 tahun. Saat kelas 2, dia menemukan sebuah dinding panjatan di lokasi Taman Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber