Ini Dia Profil Desak Made Rita Kusuma Dewi, Gadis Bali yang Raih Emas Asian Games 2023

Ini Dia Profil Desak Made Rita Kusuma Dewi, Gadis Bali yang Raih Emas Asian Games 2023

Desak Made Rita Kusuma Dewi setelah sukses bawa pulang emas di ajang Asian Games 2023, di Huangzhou, China--

BACA JUGA: Dua Kunci Sukses Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Asian Games 2023 Terungkap, Ini Dia Rahasianya

Desak Made makin cinta dengan olahraga panjat tebing. Dia serius dengan mimpinya untuk menjadi atlet yang dapat mengukir prestasi dan mengharumkan nama daerah dan negara.

Potensi Desak Made semakin terasah setelah jadi perwakilan Bali di kejuaraan nasional kelompok umur (junior) di Riau pada 2018.

Namun, ajang yang menahbiskan Desak Made sebagai climber putri terbaik Indonesia dalah PON Papua 2020, yang digelar dua tahun lalu. Di sana, dia berhasil meraih emas!


DESAK MADE melesat raih emas keenam di Asian Games: saya yakin sayalah juaranya!-Adek Berry-AFP

BACA JUGA: Panjat Tebing Indonesia Target Pertahankan Emas di IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta

Sepanjang 2022, dia juga tak berhenti mengukir prestasi. Dalam dua ajang IFSC Climbing World Cup di Swiss dan Prancis, dia berturut-turut meraih medali perunggu. Catatan waktunya terus naik. Dari 7 detik ke 6 detik.

Semua catatan itu dipertajam lagi sepanjang 2023. Maka, dalam dua seri IFSC World Cup lagi, dia berhasil meningkatkan perolehan medali. Di Jakarta dan Salt Lake City, AS, Desak Made meraih perak.

Nah, puncak performa Desak Made terjadi pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Bern, Swiss, pada Agustus lalu. Di sana, dia berhasil menembus final. Lalu meraih emas setelah mengalahkan climber tuan rumah, Emma Hunt. Saat itu, dia membukukan catatan waktu 6,49 detik!

BACA JUGA: Tragis! Eko Yuli Irawan berkaca-kaca Setelah Gagal Raih Medali Asian Games 2023, Ini Permintaan Maafnya

Hanya dalam beberapa pekan sebelum Asian Games 2023, dia memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Maka, keberhasilan meraih emas di Asian Games jelas bukan kebetulan. Putri kedua dari I Dewa Putu Sekar dan Jro Komang Sariartini itu memang rajin berlatih sejak kecil. Desak selalu tekun dan disiplin untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

BACA JUGA: Sejarah Baru! Amellya Nur Sifa Jadi Rider Indonesia Pertama yang Raih Emas Asian Games

Mahasiswi Universitas Pendidikan Ganesha ini juga cukup dekat dengan keluarga. Di sela-sela kesibukannya berlatih di pelatnas panjat tebing, Desak selalu menyempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang tuanya.

Buat Desak Made, emas Asian Games 2023 ini tentu menjadi bekal positif untuk menghadapi para climber Eropa di Olimpiade Paris tahun depan. Apalagi, dalam event empat tahunan itu, Desak Made juga mengincar medali emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber