Guruh Soekarnoputra Usul Jokowi Jadi Ketum PDIP, Partai Keluarga Terancam

Guruh Soekarnoputra Usul Jokowi Jadi Ketum PDIP, Partai Keluarga Terancam

Ilustrasi Jokowi diusulkan untuk menjadi ketum PDIP berikutnya. Pengusulnya adalah Guruh Soekarnoputra. Partai keluarga Mega pun terancam. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

BACA JUGA:Gubernur dari Ring 1

BACA JUGA:Pilkada Dimajukan, Siapa Diuntungkan?

Di Partai Demokrat setali tiga uang. Partai itu identik dengan keluarga SBY. Kedua anak SBY juga sudah menjadi pengendali partai.

Bahkan, bisa dikatakan, Demokrat maju selangkah dalam hal waris-mewaris. Agus Harimurti Yudhoyono sang anak sulung sudah diangkat sebagai ketua umum partai. 

Sementara itu, SBY memosisikan diri sebagai ketua majelis tinggi. Keputusan partai pun tak jauh-jauh dari apa yang diputuskan ketua majelis tinggi dan ketua umum. 

BACA JUGA:Gibran dalam Puzzle Politik

BACA JUGA:Ujung Jabatan Wakil Rakyat

Bagaimana parpol lain?

Partai Gerindra juga sudah mengarah ke parpol keluarga. Prabowo Subianto menjadi ketua umum sekaligus ketua dewan pembina. Dua jabatan menentukan itu ada di satu tangan. 

Hanya, siapa yang akan mewarisinya nanti belum terlihat. Anak tunggal Prabowo, Didiet, belum terlihat aktif di Gerindra. Yang aktif, adik kandung Prabowo, Hasjim Djojohadikusumo. Salah seorang wakil ketua dewan pembina.

Nasdem juga identik dengan Surya Paloh. Menjadi ketua umum sejak partai itu didirikan. Putusan di tangan pengusaha media tersebut. Anaknya, Prananda Surya Paloh, sudah disiapkan.

Kini Prananda Paloh menjadi anggota DPR. Tak hanya itu. Ia juga menjadi ketua Garda Pemuda, organisasi sayap Nasdem.

PKB, bisa dibilang, saat ini dikendalikan penuh oleh Muhaimin Iskandar. Sudah berkuasa 18 tahun. Ia mampu melanggengkan jabatan dan mengendalikan partai di tangannya. 

Belum ada anak Muhaimin yang menonjol. Namun, Abdul Halim Iskandar, kakak Muhaimin, sudah mendapat jatah menteri. 

Bagaimana dengan PSI? Yang baru saja mengangkat Kaesang bin Jokowi jadi ketua umum. Waktu akan bicara, apakah partai itu akan menjadi partai keluarga untuk keluarga Jokowi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: