Ketahui Penyakit Ramsay Hunt Syndrome, Komplikasi Akibat Herpes Zoster

Ketahui Penyakit Ramsay Hunt Syndrome, Komplikasi Akibat Herpes Zoster

Ilustrasi penyakit Ramsay Hunt Syndrome yang menyerang saraf pada wajah-Kementerian Kesehatan RI-https://yankes.kemkes.go.id/

HARIAN DISWAY- Penyakit ramsay hunt syndrome dikenal sebagai penyakit komplikasi akibat herpes zoster atau cacar api. Penyakit itu kerap menyerang gangguan saraf pada wajah.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, biasanya penyakit tersebut menyerang kalangan dewasa usia 60 tahun. Dan, umumnya penyakit itu muncul pada orang yang sudah pernah mengalami cacar air atau cacar api.

Faktor lain yang menjadi pemicunya adalah daya tahan tubuh penderita yang lemah. Juga, penderita memiliki tubuh yang kekurangan nutrisi.

Penderita akan mengalami kelumpuhan pada setengah area wajahnya. Setengah bibirnya, kelopak matanya, dan lubang hidungnya tidak dapat digerakkan sama sekali oleh penderita.

BACA JUGA: Mengenal Herpes Zoster, Penyakit yang Bisa Muncul Pada Penderita Cacar Air yang Sudah Sembuh

Selain itu, penderita bisa mengalami gangguan pendengaran. Bahkan, muncul ruam di area telinga dan mulut. 

Gejala lain yang dirasakan penderita adalah muntah, telinga terus berdenging, hidung berair, gangguan pengecapan, dan vertigo (penderita merasa pusing seakan kepalanya berputar). 

Dalangnya tentu virus yang juga menyebabkan herpes zoster. Namanya, virus Varicella zoster. Virus itu aktif menyerang saraf wajah di dekat telinga bagian dalam. Saraf yang terinfeksi virus akan mengalami iritasi dan bengkak.

Bila penyakit itu tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami cacat otot wajah dan tuli permanen. Saat mulai merasakan ruam kemerahan dan kelumpuhan pada salah satu sisi wajah, segera berobat ke dokter.

BACA JUGA: Cacar Air Bisa Sebabkan Ruam di Kulit, Ini Cara Perawatan Ruam Menurut Kemenkes

Secara medis, dokter akan memberikan sejumlah obat sebagai cara pengobatan. Mulai obat antivirus, Kortikosteroid untuk mengurangi peradangan pada kulit, Benzodiazepines untuk mengatasi vertigo, Paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri, dan Carbamazepine untuk mengatasi nyeri yang parah.

Selain itu, penderita dapat menjalani pengobatan di rumah untuk mempercepat penyembuhan. Caranya adalah menempelkan kompres dingin pada bagian yang muncul ruam supaya meredakan rasa sakit dan membersihkan kebersihan area yang muncul ruam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: