Pertegas Komitmen untuk Ekspor UMKM, Shopee Dukung Produsen Batik Lokal Berdaya Saing Global

Pertegas Komitmen untuk Ekspor UMKM, Shopee Dukung Produsen Batik Lokal Berdaya Saing Global

Perancang busana Didiet Maulana (kiri), Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna, dan produsen batik lokal Damakara Official di kegiatan workshop batik styling bertajuk Cerita Batik Masa Kini. -dok. istimewa-

"Harapan ke depannya, semoga dengan menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari, kita bisa turut serta dalam perkembangan bisnisnya di tanah air hingga kancah internasional,” ucap Didiet.

Program Ekspor Shopee Membawa Produk UMKM Asal Bandung ke Kancah Internasional

BACA JUGA: E-Commerce Geber Promo Kemerdekaan, Shopee dan Tokopedia Jor-joran Diskon!

Salah satu pengusaha batik lokal yang berhasil menembus pasar internasional bersama Shopee, adalah Nurdini Prihastiti dan Bheben Oscar, pemilik usaha batik bernama Damakara.

Dini dan Bheben menciptakan motif batik yang terinspirasi dari Iris Grace, anak berkebutuhan khusus, yang mengikuti terapi gambar dan hasil gambar tersebut diaplikasikan ke koleksi batik Damakara yang khas.

“Saya sadar bahwa teman-teman istimewa ini punya minat dan bakat yang luar biasa. Untuk itu kami merangkul dan memberikan ruang bagi mereka untuk menciptakan karya dalam bentuk gambar. Kami juga mengapresiasi gambar yang diangkat ke dalam koleksi dengan royalti penjualan setiap bulannya,” ujar Dini.

Melalui Damakara, Dini dan Bheben ingin mengajak lebih banyak generasi muda untuk bangga menggunakan batik tidak hanya untuk kegiatan formal. Tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga bercita-cita untuk membawa batik yang ditelurkan oleh teman-teman istimewa ke ranah internasional.

BACA JUGA: Dukung Bisnis Brand Lokal dan UMKM, Shopee Jadi E-commerce Terfavorit dan Paling Banyak Dipakai Berjualan

Untuk mengoptimalkan misi usahanya, Dini dan Bheben mengambil langkah digitalisasi dan bergabung bersama Shopee. Melalui perkembangan bisnisnya bersama Shopee, Dini berhasil menjual produknya hingga ke Malaysia, Singapura, hingga Taiwan.

Berkat pasar yang lebih luas dan pesanan lebih banyak, kini ia mampu memberdayakan hingga 12 karyawan dan 60 perajin batik yang mayoritas adalah ibu rumah tangga di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menyemarakan Hari Batik Nasional, tidak hanya menjadikan batik sebagai tren gaya berpakaian masa kini. Tetapi Shopee juga turut menghadirkan produk-produk batik lokal pilihan pada kampanye Bazaar Shopee Pilih Lokal di kanal Shopee Pilih Lokal pada 13 Oktober nanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: