Polres Trenggalek Ringankan Beban Kekeringan dengan Patroli Gentong

Polres Trenggalek Ringankan Beban Kekeringan dengan Patroli Gentong

Mobil patroli Polres Trenggalek yang disulap menjadi mobil menyangkut air dengan kapasitan 18,0000 liter.-Humas Polres Trenggalek-

TRENGGALEK, HARIAN DISWAY- Ada-ada saja inovasi yang dilakukan polres jajaran Polda Jatim untuk meringankan beban warga yang kekeringan dan kekurangan air. Seperti yang dilakukan Polres Trenggalek yang mengubah mobil patrol menjadi mobil pengangkut air. 

Nama patrol pun diubah menjadi patroli gentong. Menunjukkan mobil tersebut membawa gentong (tendon air) untuk dibagikan kepada warga. Patroli ini untuk menyalurkan bantuan air kepada warga yang mengalami kekeringan ekstrim dan krisis air bersih dampak dari El Nino pada kemarau panjang tahun ini. 

Polres Trenggalek  memodifikasi satu kendaraan dengan memasang tandon yang mampu mengangkut hingga 1.800 liter air.

Dikatakan Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyonomelalui Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, ribuan liter air bersih itu secara bergilir didistribusikan ke desa-desa  terdampak kekeringan.

BACA JUGA:Polres Situbondo Gagalkan Penggelapan Mobil

BACA JUGA:Kompolnas Minta Propam Polrestabes Surabaya Periksa Kanit Reskrim Polsek Lakarsantri

“Kami maksimalkan mobil tendon tersebut. Dalam sehari bisa sampai dua kali pengiriman karena cakupan wilayah yang cukup luas,” kata Iptu Suswanto, Senin, 9 Oktober 2023.

Sedangkan untuk suplay air, pihaknya mengambil dari salah satu mata air yang ada di desa Sumberbening, Kecamatan Dongko.

Warga yang mengetahui kedatangan patroli gentong ini sudah menyiapkan berbagai wadah tempat air di pinggir jalan untuk memudahkan pendistribusian. 

Sedangkan bagi yang berdomisili agak jauh dari jalan raya tetap bisa mendapatkan air dengan menyiapkan juriken.  “Dengan mobil patroli ini kami berharap bisa menjangkau permukiman warga hingga ke pelosok,”jelas Kasihumas Polres Trenggalek.

BACA JUGA:Polres Batu Terjunkan Ratusan Personel Amankan Rakernas PSHT

BACA JUGA:Polresta Banyuwangi Siapkan 1.820 Personel untuk Amankan Tour of Kemala 2023

Untuk personel yang dikerahkan, kata Iptu Suswanto secara bergantian sesuai dengan jadwal piket harian.  “Terkadang juga ada permintaan resmi dari masyarakat. Sebisa mungkin kita bantu dan cukupi.” Imbuhnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: