Seru! Tersangkut Isu Pemerasan, Ketua KPK Firli Bahuri: When The Corruptor Strike Back

Seru! Tersangkut Isu Pemerasan, Ketua KPK Firli Bahuri: When The Corruptor Strike Back

Ilustrasi Ketua KPK Firli Bahuri-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Bagaimana soal foto Firli-SYL yang sudah beredar luas itu?

Firli kepada wartawan mengakui, dirinya bertemu SYL di GOR bulu tangkis, Jakarta, 2 Maret 2022. ”Waktu itu Saudara Syahrul selaku menteri pertanian belum diusut KPK. Pengusutan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian baru dimulai KPK pada Januari 2023,” ungkapnya.

Dijelaskan, waktu itu ia sedang main bulu tangkis. Mendadak, SYL datang ke GOR, minta ketemu Firli. Tanpa perjanjian lebih dulu. Maka, Firli yang sedang main bulu tangkis di lapangan menghentikan permainan. Duduk di bangku beton berhadapan SYL. 

BACA JUGA:SYL Resmi Mengundurkan Diri, Jokowi Segera Reshuffle Kabinet Lagi

BACA JUGA:Mahfud MD: Sudah Tersangka KPK, Tidak Mudah Mentan SYL Kabur

Pertemuan di tempat terbuka. Di sekitar mereka ada belasan orang pemain bulu tangkis yang sedang, dan yang menunggu giliran, latihan. Firli-SYL ngobrol beberapa menit. Lalu, Firli pergi meninggalkan SYL yang masih duduk di situ. Beberapa saat kemudian, SYL pergi dari situ.

Firli menyampaikan tiga hal. 

Pertama, pertemuan itu bukan inisiatif Firli, melainkan SYL mendadak mendatangi Firli. 

Kedua, pertemuan di tempat terbuka dilihat belasan orang, termasuk saat mereka ngobrol beberapa menit. 

Ketiga, saat itu SYL bukan (tepatnya, belum) diusut KPK atas dugaan korupsi.

Firli: ”Istilahnya when the corruptor strike back. Maka, kami siap berkorban jiwa raga, termasuk nyawa. Demi Indonesia bebas korupsi.”

Ternyata, Firli punya alasan kuat. Dua orang yang berada di GOR pada 2 Maret 2022 dan melihat pertemuan Firli-SYL itu bicara kepada pers. 

Mereka adalah pebulu tangkis andalan Indonesia pada 1990-an, yakni Eddy Hartono, dan pebulu tangkis andalan Indonesia lainnya, Trikus Heryanto. Eddy dan Trikus saat itu berada di sana. Bahkan, Trikus waktu itu main bulu tangkis dengan Firli.

Eddy: ”Waktu itu (di foto viral itu) kita main di GOR bulu tangkis, Jakarta. Sekitar pukul 18.00 WIB. Pak Firli main berpasangan sama Trikus Heryanto. Lawan mereka adalah pasangan Didit dan Dwiky. Mereka main.”

Dilanjut: ”Terus, ada Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo) datang.  Didampingi dua orang lelaki. Beliau datang, terus ngasih tangan (melambaikan tangan) ke semua pemain. Sedangkan Pak Firli masih main di lapangan. Pak Firli berhenti main, terus beliau duduk di bangku di pinggir lapangan di dekat Pak Menteri. Nah, itulah fotonya yang beredar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: