Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan, Dekan Vokasi UNAIR Harapkan Lulusan Siap Kerja

Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan, Dekan Vokasi UNAIR Harapkan Lulusan Siap Kerja

Dekan Fakultas Vokasi UNAIR Dr Anwar Ma’ruf menerima jabat tangan salah seorang dari 151 peserta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan. -Moch Sahirol Layeli/HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Acara yang digelar secara offline ini bertempat di Ternate Hall, Gedung ASEEC Tower, Kampus B UNAIR, Surabaya, itu diikuti sekitar 151 lulusan dari Departemen Kesehatan.

Meliputi program studi D3 Teknik Gigi, D3 Paramedik Veteriner, D3 Keperawatan, D4 Pengobat Tradisional, D4 Fisioterapi, dan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan. Mereka inilah yang dilantik dan diambil sumpah profesinya oleh Dekan Fakultas Vokasi Unair Dr Anwar Ma’ruf.

Calon wisudawan dari Departemen Kesehatan tampak sedang menyanyikan lagu Hymne Airlangga dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan, Rabu, 11 Oktober 2023. -Moch Sahirol Layeli/HARIAN DISWAY-

Sebelumnya, telah dilakukan pembekalan yang diikuti 628 calon wisudawan Fakultas Vokasi yang akan diwisuda pada 14-15 Oktober 2023. Di antaranya 151 calon wisudawan dari Departemen Kesehatan.

BACA JUGA: Alienasi Mewarnai PPKMB Vokasi Unair

Pembekalan tersebut bertujuan memotivasi para calon wisudawan mengenai dunia pekerjaan dengan harapan agar para calon wisudawan menjadi lulusan Vokasi yang profesional dan siap terjun ke dunia kerja.

“Ini juga melihat selama hampir tiga semester proses pendidikan mereka lebih banyak berada di industri dunia usaha dan dunia kerja,” ungkap Dr. Anwar.

Dr. Anwar berharap seluruh alumni Fakultas Vokasi begitu dilantik sudah mendapatkan pekerjaan. Hal itu didukung dengan kinerja terbaik mahasiswa yang mereka tunjukkan saat mengikuti magang dan pelatihan kerja lapangan (PKL) di industri usaha dan dunia kerja.

Dengan harapan bisa menarik minat para industri usaha dan dunia kerja untuk mengambil para mahasiswa sebagai sumber daya manusia (SDN).

BACA JUGA: Unair Kukuhkan 7 Guru Besar, Berikut Daftarnya...

Prinsip Fakultas Vokasi dijelaskan oleh Dr. Anwar Ma’ruf bahwa mahasiswa magang tidak hanya datang untuk melihat. Tetapi mahasiswa bisa mengidentifikasi masalah di perusahaan tersebut dan memperbaikinya.

Sudah banyak industri usaha dan dunia kerja yang bekerja sama dengan Fakultas Vokasi Unair untuk mengirim para mahasiswa untuk dididik di perusahaan tersebut. “Sudah sekitar ratusan industri yang sudah bertanda tangan dengan Vokasi,” ucap Dr. Anwar.
Foto bersama setelah Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan pada Rabu, 11 Oktober 2023, yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Vokasi Unair Dr Anwar Ma’ruf. -Rizquna Qurrota A/HARIAN DISWAY-

BACA JUGA: TANTANGAN WISUDAWAN MENGHADAPI PASAR KERJA

Diketahui terdapat sekitar di atas 60 persen dari 151 lulusan yang dilantik pada hari itu sudah mendapatkan pekerjaan. Seperti Mahajjatul Aliyah Putri.

Mahasiswi Fakultas Vokasi Program Studi D3 Keperawatan itu mendapatkan pekerjaan sebagai perawat hiperkes di PT. Petro Jordan Abadi, Gresik. "Saya mendaftar kerja secara mandiri dan mulai bekerja per 1 Agustus 2023 kemarin," katanya.

Usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan, Aliyah menyampaikan rasa senang dan leganya karena telah dilantik sebagai sarjana terapan dan ahli madya.

Melihat banyaknya mahasiswa tahun ini yang sudah memiliki pekerjaan sebelum wisuda, Aliyah berharap tahun-tahun ke depan makin banyak mahasiswa yang bisa cepat mendapat pekerjaan. (Rizquna Qurrota)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: