Gus Ipul Apresiasi Lomba Cipta Menu Kota Pasuruan: Perlu Belajar Memasak dari Orang Tua Terdahulu

Gus Ipul Apresiasi Lomba Cipta Menu Kota Pasuruan: Perlu Belajar Memasak dari Orang Tua Terdahulu

Gus Ipul mendorong ibu-ibu kreatif menciptakan hidangan sehat keluarga -Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY - Walikota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapkan kreativitas dalam menciptakan produk panganan menjadi hal yang penting saat ini. 

Pentingnya kecukupan pangan karena hal tersebut mempengaruhi status gizi masyarakat itu sendiri.

Selain produk pangan yang dipastikan bergizi, tampilan, kualitas dan rasa juga penting. 

BACA JUGA:Soal Relawan Projo Dukung Prabowo, Begini Respons PDIP

Sementara sajian makanan yang sehat dan enak juga tidak kalah penting. 

“Dalam upaya memenuhi kecukupan makanan yang bergizi kita harus menyajikan makanan yang sehat dan enak. Yang berat itu sehat dan enak, kalau enak saja itu mudah,” kata Gus Ipul saat membuka festival lomba cipta menu di Taman Sekargadung, Pasuruan pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Menurutnya, Masyarakat saat ini perlu belajar cara memasak dari orang tua terdahulu.

BACA JUGA:Gus Amak Bersholawat Bersama 1000 Banjari Marhaban Pasuruan, Ajak Anak-anak Muda Cintai Shalawat Daripada Orkesan

Dimana proses membuat makanan perlu mempertimbangkan hal-hal yang menyangkut kesehatan mulai dari bagaimana proses mengeloa bahan bakunya hingga bahan pengemasannya.

“Contoh saja pembuatan jajan lemper di masa lalu, prosesnya sangat istimewa hingga dibungkus dengan daun," jelas pria yang juga menjabat sebagai Sekjend PBNU ini.

"Sementara saat ini, kemasan sudah diganti dengan plastik, maka ini akan membahayakan kesehatan kita. Sedangkan pembuatan jajan masa kini para penjual menginginkan proses yang cepat, jadi tidak memperhatikan proses pembuatan,” imbuhnya 

Gus Ipul juga menyampaikan, acara ini digagas dalam rangka untuk memotivasi masyarakat yang bergelut di dunia perjajanan dengan memperhatikan nilai-nilai yang penting yaitu sehat dan enak.

“Acaranya bagus, namun perlu ada kreativitas dalam pelaksanaannya. Misal peserta yang mengikuti lomba lebih banyak lagi. Sehingga ditandingkan mula tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan finalisasi di tingkat Kota,” jelas Gus Ipul.

BACA JUGA:Tekan Stunting Kota Pasuruan, Gus Ipul Gandeng TP PKK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: