Legenda Atau Ilmiah? Begini Proses terbentuknya Lautan Pasir Bromo

Legenda Atau Ilmiah? Begini Proses terbentuknya Lautan Pasir Bromo

Lautan Pasir Bromo yang sangat luas.-Guruh Dimas Nugraha-

Namun, cerita rakyat merupakan cara masyarakat masa lalu untuk mengungkap fenomena alam.

Dari berbagai sumber catatan ilmiah, Lautan Pasir Bromo terbentuk dari letusan kecil dua gunung yang bertabrakan di kawasan Bromo.

BACA JUGA: Komunitas Sepeda: Ulang Tahun Ketiga, Banana CC Bikin Event Balapan Lucu ke Bromo

Material vulkanik akibat letusan itu terlempar ke tenggara, lalu membentuk lembah besar dan kaldera. Dengan kedalaman yang signifikan, kaldera tersebut kemudian menjadi tempat materi vulkanik dari letusan selanjutnya, hingga menumpuk.

Proses itulah yang akhirnya membentuk hamparan lautan pasir.


LEGENDA atau ilmiah? Begini proses terbentuknya Lautan Pasir Bromo.-Retna Christa-Harian Disway-

Di lautan pasir itu ditemukan tujuh pusat letusan dalam dua jalur yang saling silang menyilang. Yakni dari timur ke barat dan timur laut ke barat daya.

BACA JUGA: Berbagai Gangguan Pelancong Bromo Pada Upacara Yadya Kasada

Struktur pasirnya sangat halus. Warnanya hitam. Mirip pasir pantai. Tidak banyak vegetasi yang mampu tumbuh di Lautan Pasir. Hanya rerumputan dan perdu yang bisa berkembang.

Kawasan Lautan Pasir Bromo tampak semakin cantik berkat ''dinding'' berupa tebing yang melingkari lautan pasir. Tingginya antara 200-600 meter, dan kemiringannya sekitar 60-80 derajat.

Di Lautan Pasir Bromo, ada beberapa situs yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah Pura Poten. Sebuah bangunan suci yang merupakan pusat upacara keagamaan masyarakat Suku Tengger.

BACA JUGA: Ketangguhan All New Honda BR-V Mendaki Kaldera Bromo

Ada juga Sumur Pitu. Kawah yang terletak di lautan pasir sebagai akibat dari erupsi Gunung Kursi. Yang jika dilihat dari kejauhan, nampak seperti tumpukan batu bata.

Upacara Kasada

Kawah Bromo, selain menjadi tempat upacara Kasada, digunakan sebagai sarana bagi umat Hindu Tengger untuk berdoa, memohon sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: