Jokowi Sapa Prabowo, Erick Thohir, dan Puan di Apel Hari Santri 2023, Para Santri Bersorak

Jokowi Sapa Prabowo, Erick Thohir, dan Puan di Apel Hari Santri 2023, Para Santri Bersorak

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Apel Puncak Peringatan Hari Santri 2023 berlangsung di Tugu Pahlawan, Surabaya, pada Minggu, 22 Oktober 2023. Presiden Joko Widodo berlaku sebagai pembina apel.

Saat membuka acara, Jokowi menyapa sejumlah tokoh yang hadir. Termasuk para menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

BACA JUGA:Pimpin Apel Hari Santri 2023, Jokowi Tiba di Tugu Pahlawan Bareng Prabowo-Erick Thohir dan Sejumlah Menteri

BACA JUGA:Apel Hari Santri 2023 Dihadiri Jokowi, Ribuan Santri Mulai Penuhi Tugu Pahlawan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua DPR RI Puan Maharani disebut secara berurutan. Para santri yang hadir pun sontak bersorak.

Pada kesempatan ini, Jokowi menyampaikan sejarah lahirnya peringatan Hari Santri Nasional. Yakni kali pertama dimulai pada 22 Oktober 2015 silam.

"Sebelum saya jadi presiden, saya menerima usulan dari salah satu pondok pesantren di Malang untuk mengadakan peringatan Hari Santri," ujar Jokowi.

Usulan itu pun lantas dipertimbangkan. Kemudian diputuskan untuk digelar kali pertama pada 2015. Yakni tepat di tahun pertama Jokowi menjadi presiden.

BACA JUGA:Sapa Relawan Ganjar-Mahfud, Puan Maharani Target Raih 60 Persen Suara di Jatim

BACA JUGA:3 Alasan Golkar Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo: Dari Sjahrir hingga Cocoklogi

Sebelumnya, apel Puncak Peringatan Hari Santri 2023 ini juga diawali oleh pembacaan naskah Resolusi Jihad oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf

Juga penampilan paduan suara dari Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya. Mereka mengenakan pakaian adat Nusantara. Membawakan beberapa lagu seperti Indonesia Raya, Ya Lal Wathon, hingga selawat Ashgil.

Pada apel ini, juga hadir sejumlah tokoh lain. Ada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mengenakan baju Banser. Kemudian Ibu Iriana Jokowi dan Yenny Wahid, putri almarhum Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: