Diklaim sebagai Sepetak Tanah Surga di Indonesia, Ini 7 Rekomendasi Tujuan Keren di Labuan Bajo

Diklaim sebagai Sepetak Tanah Surga di Indonesia, Ini 7 Rekomendasi Tujuan Keren di Labuan Bajo

Mulai dari bahari hingga darat, Labuan Bajo menawarkan pengalaman berwisata yang apik dan memorable. -iStock-

Seakan bercerita jika dahulu goa ini sempat berada di bawah permukaan laut. Lagi-lagi, Anda bakal menemukan objek wisata alam yang eksotik sekaligus mengandung edukasi di sini.

6. Air Terjun Cunca Rami

Bagi yang suka dengan wisata yang memacu adrenalin, wajib berkunjung ke Air Terjun Cunca Rami. Air terjun yang terletak di tengah hutan ini memiliki pesonanya tersendiri. Kenapa dikategorikan sebagai wisata yang memacu adrenalin?

Karena perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan. Dari Labuan Bajo, Anda harus menempuh jarak 30 km menggunakan kendaraan sewaan dengan estimasi waktu satu jam perjalanan.

Setelah satu jam perjalanan, Anda akan tiba di Desa Kae Lolos tepatnya di Kampung Roe, Kecamatan Sano Nggoan, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Desa yang merupakan pintu masuk utama bagi pendaki puncak Gunung Mbeliling.

Dari desa inilah, perjalanan menuju Air Terjun Cunca Rami benar-benar dimulai. Dari desa ini, Anda harus trekking di Hutan Mbeliling dengan medan menurun dan memakan waktu 45 menit hingga 1 jam untuk sampai ke Cunca Rami.

Tentu diperlukan tenaga yang besar untuk melakukan itu. Tapi jangan khawatir, kelelahan Anda akan benar-benar terbayar setelah sampai di tujuan. Jadi, tertarik memasukkan Cunca Rami ke dalam list wisata Anda?

7. Kampung Budaya Compang To’e Melo

Selain wisata alam, Anda dapat melakukan wisata budaya di kawasan Labuan Bajo. Kampung Budaya Compang To’e Melo ini berjarak 70 km dari Labuan Bajo.

Namun, karena akses jalannya yang sudah mulus, Anda hanya harus menempuh perjalanan selama satu jam untuk menuju kemari.  

Di desa ini, Anda bisa menonton pertunjukan budaya seperti tari caci yang merupakan tarian khas Manggarai dan mencicipi tuak lokal yang diproduksi langsung di Kampung Melo.

Anda juga bisa menikmati lanskap Flores dari ketinggian ketika berkunjung kemari sambil menghirup sejuknya udara pegunungan.

Menyaksikan kehidupan warga Kampung Mole sambil mempelajari budaya yang ada, sembari berbelanja produk ekonomi kreatif khas Flores, juga mengambil dokumentasi dari panorama yang ditawarkan.

BACA JUGA: Libur Akhir Tahun Tak Lama Lagi, Ini 7 Rekomendasi Wisata Alam di Jawa Timur yang Oke

Itulah tujuh rekomendasi objek wisata yang bisa dikunjungi jika Anda memiliki rencana menghabiskan liburan di Labuan Bajo. Selain ketujuh objek wisata di list ini, masih banyak objek wisata lain yang bisa ditemui di Labuan Bajo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: