Menparekraf Sandiaga Uno Resmi Tetapkan 24 Oktober sebagai Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno Resmi Tetapkan 24 Oktober sebagai Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Perhelatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional pertama kalinya pada Selasa, 24 Oktober 2023 yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat. -Kemenparekraf-

HARIAN DISWAY - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf/kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan peringatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) pertama pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Menparekraf mengungkapkan peringatan Hekrafnas pertama yang jatuh setiap tanggal 24 Oktober itu merupakan bentuk selebrasi dari semakin pesatnya perkembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia yang berhasil menduduki peringkat ketiga persentase PDB (Produk Domestik Bruto) ekraf dunia.

"Ini juga diperkuat dengan undang-undang ekonomi kreatif yang dikeluarkan pada 24 Oktober 2019 dan PP (peraturan pemerintah) Nomor 24 tahun 2022," ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Menparekraf di KTT AIS 2023: Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah Kunci Pertumbuhan Berkelanjutan

Menparekaf Sandiaga mengatakan peringatan Hekrafnas diharapkan dapat dirayakan dan diperingati oleh para pelaku ekraf dan seluruh masyarakat Indonesia. Terlebih sektor ekraf diyakini menjadi salah satu lokomotif kebangkitan perekonomian Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada penyanyi legendaris Titiek Puspa dalam acara peresmian peringatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional pertama di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Selasa 24 Oktober 2023. -Kemenparekraf-

"Salah satu (sektor perekonomian) yang akan membuat Indonesia maju adalah ekonomi kreatif dan ekonomi kreatif adalah masa depan ekonomi Indonesia," ujarnya saat memberikan sambutan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini menparekraf mendorong pelaku-pelaku ekraf di seluruh Indonesia untuk senantiasa meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Saya harap peringatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini bisa menjadi penyemangat untuk kita semua, dan mari kita rayakan karena kalian semua adalah pahlawan ekonomi," ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Kemenparekraf Luncurkan Program IndoBisa 2023, Hubungkan Startup dengan Investor untuk Bantu Permodalan

Peringatan Hekrafnas pertama ini diisi dengan penyerahan penghargaan kepada tiga pelaku ekraf nasional yaitu sastrawan Putu Wijaya, fotografer kenamaan Darwis Triadi, dan penyanyi legendaris Titiek Puspa.

Acara ini dihadiri oleh pejabat-pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. Turut hadir pula sejumlah pelaku ekraf dan perwakilan dari sejumlah pemerintah daerah serta organisasi-organisasi terkait.

Sebelumnya, Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Riwud Mujirahayu, menjelaskan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang sangat penting dan menjadi tulang punggung dalam perekonomian Indonesia.
Salah satu pelaku ekonomi kreatif yakni Brand Fashion Gaea Home turut hadir dalam acara peresmian Hari Ekonomi Kreatif Nasional pertama. -Kemenparekraf-

 

Hal itu ia sampaikan dalam acara Sosialisasi Menuju Penetapan Hari Ekonomi Kreatif Nasional, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Juni 2023.

 

BACA JUGA:Berstatus Siaga Pasca Karhutla, Menparekraf Jamin Bali Tetap Aman Dikunjungi Wisatawan

 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2020, kontribusi ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai sekitar 7,4 persen dengan nilai sekitar Rp1.087 triliun.

 

Selain itu, sektor ekonomi kreatif juga memberikan kontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja, dimana pada tahun yang sama tercatat sekitar 17,6 juta orang bekerja di sektor ekonomi kreatif. 

 

“Kekuatan ekonomi kreatif Indonesia berasal dari keanekaragaman budaya dan seni yang sangat kaya, sehingga menjadi salah satu keunggulan dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif,” tandasnya. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: