Happy Halloween! Ini Sejarah dan Asal Usul Haloween yang Dirayakan Meriah Setiap 31 Oktober

Happy Halloween! Ini Sejarah dan Asal Usul Haloween yang Dirayakan Meriah Setiap 31 Oktober

HAPPY Halloween! Ini sejarah dan asal usul Haloween yang dirayakan meriah setiap 31 Oktober. Foto: perayaan Halloween di Shanghai, Tiongkok.-STR-AFP-

HARIAN DISWAY - Sejak pekan lalu, semarak Halloween sudah terasa. Halloween memang dirayakan tiap 31 Oktober. Tempat-tempat hiburan, mulai dari mal hingga restoran, turut meramaikan dengan memasang dekorasi bernuansa horor.

Ornamen berwarna oranye, labu seram yang menyala, hingga cerita penuh mistis menjadi penanda khas Halloween. Sebenarnya, bagaimana asal usul Halloween? Mengapa hari tersebut identik dengan hal-hal yang menyeramkan?

Yuk, simak sejarah dan asal usul hari Haloween berikut ini.

BACA JUGA: Arts in The Dark, Tradisi Tahunan Halloween di AS

Sejarah dan Asal Usul


HAPPY Halloween! Ini sejarah dan asal usul Haloween yang dirayakan meriah setiap 31 Oktober.-Ogham Art-

Perayaan Haloween sejatinya berangkat dari tradisi Celtic kuno Samhain. Sebuah daerah terpencil di Eropa. tradisi tersebut berasal dari ritual khusus untuk menghormati para orang suci nan kudus. Lalu, mengapa sekarang kerap dikaitkan dengan kisah mistis dan horor? Tujuan dari diadakan ritual tersebut adalah untuk mengusir roh halus yang memiliki niat jahat.

Melalui perayaan ini, mereka percaya bahwa tepat pada 31 Oktober, roh-roh orang yang telah meninggal akan kembali berkunjung ke rumah mereka.

Nah, dalam masa-masa itulah, banyak orang juga mempercayai bahwa roh jahat lain juga akan ikut berkunjung. Tentunya, itu berbahaya bagi bagi orang-orang Celtic.

BACA JUGA: Metode Make-Up SPX untuk Halloween Ciptakan Karakter Zombie

BACA JUGA: Make-up Red Riding Hood dengan Special Effect yang Bisa Jadi Inspirasi Perayaan Halloween

Sebagai upaya mengusir roh jahat, setempat Celtic menjalankan beberapa ritual. Cara yang paling dianggap ampuh ialah dengan menyalakan api unggun di puncak bukit. Mereka mengenakan kostum dan topeng yang menyeramkan. Agar roh jahat tak menganggap mereka sebagai manusia biasa.

Nah, tradisi Celtic itu kemudian meluas berkat pengaruh Romawi. Tepatnya setelah Romawi menaklukkan bangsa Celtic. Alhasil, tradisi perayaan di Romawi dan Samhain saling bertemu Alih-alih hilang, tradisi dan kepercayaan itu bercampur menjadi festival bernama All Saints Day.


HAPPY Halloween! Ini sejarah dan asal usul Haloween yang dirayakan meriah setiap 31 Oktober. Foto: lukisan yang memperlihatkan tradisi Halloween di Inggris abad pertengahan..-Historic UK-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber