Rasisme di Negeri Para Nabi

Rasisme di Negeri Para Nabi

Warga Palestina mencari korban di lokasi serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia, jalur Gaza Utara, pada Selasa, 31 Oktober 2023. -Reuters-

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam KTT ASEAN-GCC menyatakan kesepakatan dengan negara-negara ASEAN untuk memaksa gencatan senjata antara Palestina dan Israel. Kemudian, melanjutkan pemberian bantuan kemanusiaan serta evakuasi warga asing. 

Dia juga menegaskan bahwa akar permasalahan konflik Palestina-Israel adalah invasi ilegal oleh Israel ke wilayah Palestina yang ditingkahi dengan pelbagai teror dan perang bersenjata. 

Indonesia kiranya dapat membawa bantuan secara resmi dari seluruh rakyat Indonesia, yang pada saat kemerdekaan di tahun 1945 Indonesia  mendapatkan dukungan penuh dari rakyat Palestina. 

Sudah saatnya kita membalas dukungan tersebut demi eksistensi Palestina yang utuh. Sudah semestinya kita mengejawantahkan pernyataan dasar kita dalam pembukaan UUD 1945, ”Bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh karenanya penjajahan di atas dunia harus dihapuskan”. (*)

 


*) Hisnindarsyah, doktor ilmu manajemen strategi, alumnus fellow emergency Universiti Sains Malaysia (USM).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: