Journaling, Hobi Baru untuk Kurangi Stres, Mau Coba?

Journaling, Hobi Baru untuk Kurangi Stres, Mau Coba?

Journaling, hobi baru untuk mengurangi stres yang bisa Anda coba. -Pexels-Pixabay

Anda bisa menulis atau menggambar sesuka hati tanpa mempedulikan tanda baca atau ejaan. Jadi sebisa mungkin nikmati prosesnya hingga Anda terbiasa ya.

Nah, itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memulai journaling. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan menulis atau menggambar biasa.

BACA JUGA: Cara Relaksasi Sederhana Usir Stres Akibat Pusing Kerjaan

Nyatanya, journaling memiliki banyak dampak positif bagi kita, terutama bagi mental. Berikut adalah beberapa dampak positif yang didapat ketika konsisten melakukan journaling.

1. Dapat Mengurangi Kecemasan

Penelitian The Permanente Journal melaporkan penurunan tingkat stres setelah journaling selama tiga menit. Hal ini disebabkan karena ketika kita melakukan journaling kita dapat mencurahkan segala emosi yang ada di benak.

Selain itu, mengekspresikan dan menulis hal yang sedang dialami dalam bentuk gambar atau tulisan bisa mengurangi tingkat stres yang dapat memicu munculnya kecemasan dan membuat pikiran menjadi sedikit rileks.

2. Sarana Untuk Mengelola Emosi dan Mengekspresikan Perasaan

Pengelolaan emosi dan mengekspresikan perasaan merupakan hal yang lumayan sulit untuk dilakukan. Tapi journaling bisa menjadi media untuk mengatur dua hal tersebut.

Dengan journaling kita jadi bisa jadi lebih memahami perasaan yang sedang dirasakan. Ini juga dapat membuat seseorang lebih familiar dengan segala perasaan yang sedang dirasakan.

Baik itu perasaan marah, sedih, atau bahagia. Pasalnya, Anda tidak perlu menyimpan apa pun ketika melakukan journaling.

Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat seseorang yang melakukan journaling menjadi lebih pandai dalam mengolah emosi. Hal ini terjadi karena orang tersebut sudah memahami setiap emosi atau perasaan yang dirasakan.

3. Lebih Mengenal Diri Sendiri dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

BACA JUGA: Tip Aman Penggunaan Ponsel dari Kemenkes, Kesehatan Mata Tetap Harus Dijaga

Pernahkah Anda merasa lelah dan tidak tertarik melakukan apapun untuk seharian? Ketika Anda merasa lelah dengan hal-hal yang biasa Anda lakukan, bisa jadi hal itu muncul karena Anda belum mengenal diri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber