Presiden Jokowi Disambut Biden di Gedung Putih, Tegaskan Indonesia Merupakan Mitra Penting AS

Presiden Jokowi Disambut Biden di Gedung Putih, Tegaskan Indonesia Merupakan Mitra Penting AS

Presiden Jokowi menyatakan bahwa Amerika Serikat merupakan mitra penting Indonesia dalam perihal rantai pasokan pada hari Selasa, 14 November 2023-Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada hari Selasa, 14 November 2023 pukul 04.20 WIB atau pada Senin sore waktu setempat. 

Setibanya di depan West Wing Portico, Presiden Jokowi kemudian turun dari kendaraan dan langsung disambut hangat oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Amerika Serikat (AS) merupakan mitra penting Indonesia. Oleh sebab itu, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kemitraan antar kedua negara menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

“Namun yang paling penting adalah kita harus benar-benar mengartikannya karena bagi Indonesia kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasok,” imbuhnya.

BACA JUGA:Biden Tak Tanggapi Omongan Jokowi Soal Gaza, Malah Bicara Perubahan Iklim


Presiden Jokowi bertemu di Ruang Oval Gedung Putih pada Senin Sore, 13 November waktu setempat. Jokowi membawa pesan khusus OKI agar AS mau bekerjasama hentikan kekerasan di Gaza-Setpres-

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Biden menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerjasama antar kedua negara dalam berbagai bidang. Presiden Biden juga memberi tanggapan positif mengenai perdamaian secepatnya bagi warga Gaza.

“Termasuk didalamnya adalah peningkatan kerja sama kita dalam hal keamanan,” ucap Presiden Biden.

Lebih lanjut, Presiden Biden menyebut bahwa hal lainnya yang menjadi perhatian untuk terus ditingkatkan antara kedua negara adalah dalam hal membangun rantai pasok yang aman hingga penanggulangan krisis iklim.

“Termasuk di dalamnya adalah memperluas kerjasama kita dalam membangun rantai pasokan yang aman. Termasuk pula kolaborasi kita yang lebih dalam untuk menanggulangi krisis iklim,” ucapnya.

BACA JUGA:Indonesia Bawa Mandat OKI Jadi Utusan Perdamaian Palestina


Presiden Biden sebut bahwa Indonesia merupakan mitra penting yang komprehensif pada Selasa, 14 November 2023-Sekretariat Presiden-

Presiden Jokowi beserta rombongan di Gedung Putih disambut langsung oleh jajaran kehormatan dengan pasukan yang membawa bendera dari 50 negara bagian di Amerika Serikat.

Kedua pemimpin negara tersebut lalu melakukan pertemuan terbatas di Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Biden di Gedung Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: