Parkinson Sawung Jabo, Dag-dig-dug Sirkus Barock jelang Konser Kado Nggo Jabo

Parkinson Sawung Jabo, Dag-dig-dug Sirkus Barock jelang Konser Kado Nggo Jabo

Parkinson Sawung Jabo, dag dig dug Sirkus Barock jelang konser 'Kado Nggo Jabo'. Sawung Jabo (kiri) menjajal gitar dan bernyanyi dalam check sound, jelang konser "Kado Nggo Jabo".-Guruh DN-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sawung Jabo dan Sirkus Barock pada 14 November 2023 menggelar konser di Gedung Cak Durasim, kompleks Taman Budaya Jawa Timur. Tajuk acara itu: Kado Nggo Jabo. Diprakarsai oleh komunitas Sedulur Semanggi Suroboyo (SSS).

Sehari menjelang hari-H, rombongan Sirkus Barock datang di kompleks Taman Budaya. Mereka dikomandoi oleh Very Al Wafa, manajer Sirkus Barock. Termasuk gitaris Totok Tewel, dengan penampilan nyentriknya: kaus oblong hitam, topi dan berbagai aksesoris.

"Sudah latihan beberapa kali selama di Jogja. Personel komplet. Memang kondisi Cak Jabo tak lagi seperti dulu. Para personel yang lain siap back up," ujar Totok. 

BACA JUGA:Musisi Legendaris Sawung Jabo Akan Konser di Surabaya, Catat Tanggalnya dan Lokasinya!

"Cak Jabo itu petarung hidup. Kalau harus mati di panggung, akan dilakukan. Semua dikerjakan dengan total. Soal kualitas tak bisa ditawar," ungkap Very. Ia menyebut bahwa repertoar yang disiapkan Sirkus Barock untuk Kado Nggo Jabo, jumlahnya di atas 10.


Parkinson Sawung Jabo, dag dig dug Sirkus Barock jelang konser 'Kado Nggo Jabo'. Sawung Jabo (kanan) berbicara dengan salah seorang personel Sirkus Barock jelang konser -Ahmad Rijaluddin-
Bak Film Horror. Inilah 5 Momen Terbaik Yang Disuguhkan di MV Chill Kill Red Velvet-RVsmtown-X

Sore hari sekitar pukul 2 siang, Jabo dan Sirkus Barock bersiap untuk check sound. Tampak, tubuh Jabo tak berhenti bergerak. Ia menderita parkinson. Bicara pun hanya sepatah-dua patah kata. 

"Arek Suroboyo iki akeh musisine lho (Anak Surabaya ini musisinya banyak lho, Red)," katanya. Melihat kondisi seperti itu, tentu penampilannya nanti cukup meragukan. Bisakah Jabo bernyanyi, membawakan lagu-lagunya yang garang dan nge-beat

BACA JUGA:Konser Bring Me The Horizon Hari Kedua Resmi Batal, Vokalis: Panggung Goyang Semua

Jika menggunakan mic biasa, tentu tak maksimal. Sebab, posisi Jabo akan terus bergeser dari mic yang terpasang di depan. Maka, para personel lainnya menyiapkan clip on, atau lavelier mic yang dipasang di pipinya. 

"Dengan cara itu maka suara Jabo bisa keluar dengan baik. Berbeda jika harus menggunakan mic konvensional," ungkap Totok. Meski Jabo agak risih dengan lavelier mic tersebut, tapi mau tidak mau ia harus menggunakannya.


Parkinson Sawung Jabo, dag dig dug Sirkus Barock jelang konser 'Kado Nggo Jabo'. Totok Tewel (kanan) sedang mempersiapkan gitarnya dalam check sound jelang konser Kado Nggo Jabo.-Guruh DN-

Bagus Mazasupa, pemain piano Sirkus Barock tampak optimis. Sebab, ia dan personel lain telah membuktikan bahwa Jabo masih bisa bermain musik dengan baik.

"Cak Jabo mengalami parkinson kurang lebih setahun yang lalu. Saat itu kami video call bareng. Beliau kan tinggal di Australia. Saat itu kami melihat tubuhnya bergerak terus," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: