Pecah! Konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock dipenuhi Ratusan Penonton

Pecah! Konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock dipenuhi Ratusan Penonton

Pecah! konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock dipenuhi ratusan penonton. Sawung Jabo, musisi sepuh yang berhasil membuat suasana konser Kado Nggo Jabo sukses.-Sahirol Layeli-

HARIAN DISWAY - Sebanyak 15 repertoar tersaji dalam pentas Kado Nggo Jabo. Konser yang menghadirkan Sawung Jabo dan grupnya, Sirkus Barock. Diprakarsai oleh komunitas Seduluran Semanggi Suroboyo.

Pementasan itu berlangsung di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, pada 14 November 2023. Jabo, tampil dengan gaya khasnya: baju lurik, dalaman merah dan celana jeans.

Pada awal pembukaan konser, Jabo dipapah duduk di tengah panggung. Tubuh musisi tersebut terus bergerak. Ia terkena parkinson sejak 2022. Karena itu, suasana sempat lengang selama 1-2 menit. Musik tak kunjung dimulai. 

BACA JUGA:Musisi Legendaris Sawung Jabo Akan Konser di Surabaya, Catat Tanggalnya dan Lokasinya!


Pecah! konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock dipenuhi ratusan penonton. Sawung Jabo dan Sirkus Barock dalam event Kado Nggo Jabo di Gedung Cak Durasim, 14 November 2023.-Sahirol Layeli-

Penonton tampaknya iba. Mereka meneriakkan nama Jabo berulang-ulang. Menyemangatinya. “Jabo! Jabo! Jabo!”. Sedang tubuhnya terus bergerak. 

Lantas musik terdengar sayup. Jabo berkali-kali melakukan strimming pada gitarnya. Kemudian penyanyi Djatu Parmawati membuka konser Sirkus Barock dengan tembang Suara Hati Pengembara.

Gema kontra bass berpadu dengan biola. Aksen ritmis tom-tom drum. Lagu yang cukup menggetarkan sebagai pembuka. 

Sosok gitaris Sirkus Barock, Totok Tewel, muncul dengan pakaian merah dan topi. Irama rock mulai menyusup perlahan.

Jabo tiba-tiba mendendangkan Surabaya Oh Surabaya. Terbata. Riuh tepuk tangan penonton, mengapresiasi semangatnya. Nuansa hard rock semakin terdengar ketika Tewel meraungkan distorsinya. Beat drum dengan tempo cepat.

BACA JUGA:DIVE Siap-Siap! IVE Geber Konser Perdana di Jakarta Dua Hari pada Januari 2024, Ini Jadwalnya

Lagu Kemarin dan Esok berkumandang. Irama progressive rock. Jabo menyanyikan lagu itu dengan sedikit terbata. Namun, power vokalnya masih terdengar cukup lumayan. Meski tubuhnya terus bergerak. Tapi Jabo dibantu dua penyanyi di belakangnya, Dindy dan Helen.

Kemarin dan Esok, yang liriknya ditulis oleh mendiang penyair WS Rendra itu disajikan medley dengan Nyanyian Jiwa. Nuansa rock yang menghentak, membuat Jabo sedikit lelah. Ia mengambil air mineral sebelum melanjutkan ke lagu berikutnya.


Pecah! konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock dipenuhi ratusan penonton. Sawung Jabo berhasil tampil maksimal meski mengidap parkinson.-Sahirol Layeli-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: