Pidato Capres Cawapres Usai KPU RI Resmi Umumkan Nomor Urut Paslon Pilpres 2024

Pidato Capres Cawapres Usai KPU RI Resmi Umumkan Nomor Urut Paslon Pilpres 2024

Suasana pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) menjelang kontestasi Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023. --

HARIAN DISWAY - Kantor Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara resmi telah melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) menjelang kontestasi Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan bahwa pengambilan nomor urut undian capres-cawapres tersebut berdasarkan tanggal pendaftaran capres cawapres di KPU.

“Pengambilan antrean ini sesuai dengan waktu pendaftaran bacapres bacawapres yang waktu itu telah dilaksanakan pada 19-25 Oktober 2023,” kata Idham, dilansir dari siaran langsung KPU RI di Gedung KPU RI, Jakarta.

BACA JUGA: Makna Filosofis Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran

Anies-Cak Imin mendapatkan nomor antrean 8 menjadi yang pertama, disusul Ganjar-Mahfud (nomor 10) menjadi antrean kedua, dan Prabowo-Gibran (nomor 14) menjadi antrean terakhir.

Setelah masing-masing calon melakukan undian, nomor urut 1 ditempati oleh pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Dalam pidatonya, Imin menyampaikan pemilu harus berjalan suportif dan riang gembira.

"Akhirnya kita sampai pada satu tahap berkomitmen untuk melakukan pemilihan umum yang riang gembira dan suportif," kata Imin seusai pengundian nomor urut di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menekan kecurangan yang terjadi. "Kalau ada pemain yang bersifat curang, tolong diteriaki supaya tidak curang. Kalau ada wasit yang merangkap pemain, kita foto dan kita sebar luaskan," imbuhnya.

Kemudian, nomor urut 2 disusul oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakbuming Raka. Prabowo Subianto mengatakan dalam pidatonya bahwa percaya terhadap penyelenggara pemilu.

Dia berkata Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar dan masih utuh saat ini. "Kita percaya dan yakin KPU bisa melakukan proses pemilu sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya," tegas Prabowo.

Ia melanjutkan bahwa siapa pun pemenangnya, masyarakat tetap harus menjaga kesatuan dan persatuan. "Siapa pun pemenangnya, kita harus menjaga persatuan negara ini," tandasnya.

Sedangkan, nomor urut 3 diisi oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Dalam pidatonya, Ganjar mengatakan pengundian nomor urut ini menjadi awal perayaan demokrasi melalui Pemilu.

Ganjar kemudian bicara soal kegelisahan masyarakat. "Demokrasi harus kita pastikan bahwa demokrasi bisa baik meskipun sekarang belum baik-baik saja," ungkapnya.

BACA JUGA: Ambil Nomor Urut: Prabowo Berpantun untuk Cak Imin, Sapa Megawati Sebagai Presiden RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: