Buka Forum Menhan, Prabowo Dorong Menteri Pertahanan se-ASEAN Bantu Myanmar Wujudkan Perdamaian

Buka Forum Menhan, Prabowo Dorong Menteri Pertahanan se-ASEAN Bantu Myanmar Wujudkan Perdamaian

BUKA forum Menhan, Prabowo Subianto dorong Menteri Pertahanan se-ASEAN bantu Myanmar wujudkan perdamaian.-Humas Kemenhan-

HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mendorong para anggota menteri pertahanan negara-ngara ASEAN untuk mencari solusi perdamaian di Myanmar.

Prabowo menyampaikan hal tersebut saat membuka forum dialog para menteri pertahanan negara se-ASEAN dan negara mitra, ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) ke-17, dan ASEAN Defence Ministers Meeting Plus (ADMM plus) yang digelar pada hari Rabu, 15 November 2023 dan Kamis, 16 November 2023.

Acara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 15 November 2023.

BACA JUGA: Segera Final, Khofifah Dipastikan Masuk ke Barisan Pemenangan Prabowo-Gibran

BACA JUGA: TKN Prabowo-Gibran Tanggapi Santai Sindiran 'Drakor' Ganjar: Kita Sih Penonton Saja

Prabowo menambahkan, Indonesia sebagai ketua ASEAN akan terus mendorong upaya konkret untuk menemukan solusi perdamaian di negeri Aun San Suu Kyi tersebut.


BUKA forum Menhan, Prabowo Subianto dorong Menteri Pertahanan se-ASEAN bantu Myanmar wujudkan perdamaian.-Humas Kemenhan-

"Indonesia akan tetap mendukung perjuangan Myanmar untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan supremasi hukum. Selain itu, mendorong keharmonisan dan rekonsiliasi," tegas Prabowo.

"Indonesia mendorong negara-negara anggota ASEAN untuk mendukung Myanmar agar menemukan solusi damai dan berkelanjutan untuk situasi saat ini," lanjutnya.

BACA JUGA: Makna Filosofis Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran

Sekarang ini, Myanmar sedang dikuasai junta militer yang menggulingkan pemerintahan terpilih melalui kudeta pada 1 Februari 2021. Sebagian besar wilayah di Myanmar terkena dampak akibat aksi kekerasan militer.

Prabowo mengatakan bahwa para era yang terhubung secara global saat ini, konflik di suatu negara juga akan berdampak pada negara-negara lain. Terutama yang satu kawasan. 

"Sehingga perlu ada upaya bersama yang baik di tingkat nasional maupun di tingkat global," ucap Prabowo.

BACA JUGA: 8 Tantangan Strategis yang Dihadapi Indonesia 5 Tahun ke Depan versi Prabowo-Gibran

Pria yang juga merupakan capres yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu menjelaskan terkait eskalasi konflik di berbagai belahan dunia. Seperti di Ukraina dan Timur Tengah yang menimbulkan krisis kemanusiaan parah.


BUKA forum Menhan, Prabowo Subianto dorong Menteri Pertahanan se-ASEAN bantu Myanmar wujudkan perdamaian. -Humas Kemenhan-

Meskipun tidak berdekatan, konflik di dua negara tersebut menimbulkan dampak yang sangat buruk di negara kita. Contoh kecil saja, harga BBM naik drastis. Harga bahan pokok juga perlahan merambat naik.

Dalam forum ADMM hari pertama, sejumlah menteri pertahanan dari negara ASEAN yang hadir, antara lain, Menteri Pertahanan Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohammad Yossuf, Menteri Pertahanan Kamboja HE General Tea Seiha, dan Menteri Pertahanan Laos General Chansamone Chanyalath.

BACA JUGA: Prabowo Ajak Menteri Pertahanan Seluruh Negara ASEAN Dukung Palestina di Pertemuan Antar-Menhan

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Teratas di Tiga Lembaga Survei

Ada juga Menteri Pertahanan Malaysia YB Dato’ Seri Utama Haji Mohammad bin Haji Hasan, Menteri Pertahanan Filipina Atty. Gilberto C. Teodoro Jr, Menteri Pertahanan Singapura Dr. Ng Eng Hen, serta Menteri Pertahanan Thailand Sutin Klangsang.

Hadir pula Menteri Pertahanan Vietnam General Phan Van Giang, Menteri Pertahanan Timor Leste Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes, dan Sekretaris Jenderal (SekJen) ASEAN Kao Kim Hourn.

Forum ADMM akan berlanjut pada hari kedua. Yakni Kamis besok, 16 November 2023. Berbagai agenda akan dibahas dalam forum ini. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber