Simak Tren Belanja Online Pengguna di Berbagai Pulau di Indonesia pada Kampanye Shopee 11.11 Big Sale

 Simak Tren Belanja Online Pengguna di Berbagai Pulau di Indonesia pada Kampanye Shopee 11.11 Big Sale

Berakhir pada 11 November kemarin, kampanye Shopee 11.11 Big Sale menunjukkan tren berbelanja produk lokal yang berbeda-beda di setiap pulau di Indonesia-Ilustrasi: our-team on Freepik-

HARIAN DISWAY  Berbagai pencapaian dan tren belanja menarik khususnya untuk brand lokal dan UMKM mewarnai kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang baru saja berakhir Sabtu (11/11) kemarin. Para konsumen terlihat sangat antusias dalam mendukung pertumbuhan usaha lokal serta mengapresiasi kreativitas dan kualitas produk lokal berdampak pada kampanye yang menawarkan diskon terbesar tersebut .

Bukan hanya menjadi momen untuk mencari promo akhir tahun yang menawarkan banyak keuntungan, tapi juga menunjukkan bagaimana para penjual di berbagai pulau di Indonesia berlomba-lomba menampilkan produk terbaiknya di platform Shopee.

Makanya tak perlu heran jika beberapa pulau di Indonesia yang memiliki tren produk terlaris masing-masing. Misalnya saja di Pulau Sumatra. Di pulau paling barat Indonesia ini, produk lokal dari kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang paling dicari saat ini. Mulai dari Minyak Telon, Popok Bayi, dan Kaos Anak

Di pulau Jawa, ternyata terjadi tren belanja yang berbeda. Terlihat banyak pengguna yang membeli krim tangan dan tubuh serta produk perawatan wajah dari merek lokal dengan tujuan untuk kecantikan. Demikian pula dengan produk Smartphone. 

Berbeda lagi dengan pulau Bali yang sering disebut sebagai surga wisata. Bahkan, pulau ini nampaknya akan semakin ramai oleh wisatawan di penghujung tahun. Oleh karena itu, produk Kebaya Bali, kacamata hitam dan kaca mata hitam menjadi salah satu barang yang paling banyak dicari untuk dipersiapkan menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kalau di pulau Kalimantan, saat ini cuacanya sedang pancaroba. Makanya, produk seperti jas hujan, jaket pria dan wanita serta hoodie menjadi produk lokal dan UMKM yang paling laris di pulau ini, khususnya pada puncak kampanye 11.11. Bisa dipastikan bahwa para pengguna Shopee di Kalimantan sedang bersiap-siap menyambut musim hujan.

Lanjut ke pulau Sulawesi yang kebutuhan masyarakatnya juga sangat beragam. Yang menarik, sepertinya produk-produk dari kategori Rumah Tangga menjadi kebutuhan utama di pulau ini. Misalnya, kipas angin, lampu neon, hingga panci dan wajan.

Tak ketinggalan, tren belanja masyarakat pulau Papua juga mengejutkan. Produk fashion seperti Celana Cargo, Jam Tangan Pria, Gelang Couple, dan Baju Couple menjadi produk favorit masyarakatnya. Meski jauh dari ibu kota, namun masyarakat di pulau ini selalu mengikuti tren yang ada.


Shopee 11.11 Big Sale membuka peluang dan penetrasi pasar yang inklusif untuk brand lokal dan UMKM.-Istimewa-

Di sisi lain, kampanye Shopee 11.11 Big Sale telah menciptakan peluang baru bagi brand lokal dan UMKM untuk membuat kemajuan bisnisnya menjadi semakin kuat, kokoh, dan dan berdaya saing. Hal ini terbukti dengan peningkatan transaksi merek lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Ini juga sekaligus menjadi bukti bagaimana para pelaku bisnis lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam membangun bisnis berkelanjutan dengan pemasaran digital yang inklusif.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, “Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal."

Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas.

"Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan. Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen.” imbuhnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: