Teknologi Wolbachia Bukan Rekayasa Genetika, Hanya Bakteri di dalam Tubuh Nyamuk

Bakteri Wolbachia yang hanya bisa bertahan hidup di dalam tubuh nyamuk. -Kementerian Kesehatan RI-sehatnegeriku.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Inovasi teknologi Wolbachia sudah diterapkan di sejumlah wilayah di Indonesia untuk mengurangi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, uji teknologi Wolbachia sudah dilakukan sebelumnya oleh World Mosquito Program (WMP) dan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Hasilnya efektif menurunkan kejadian demam berdarah dan teknologi yang digunakan bukan termasuk kategori dari rekayasa genetika.

Wolbachia itu sejenis bakteri yang hanya bisa bertahan hidup di dalam tubuh serangga, salah satunya nyamuk. Wolbachia telah ditemukan di dalam tubuh nyamuk aedes albopictus secara alami.

Sifat alami wolbachia lainnya adalah wolbachia tidak dapat bertahan hidup di luar sel tubuh serangga dan tidak bisa mereplikasi diri tanpa bantuan serangga inangnya.

BACA JUGA: Teknologi Wolbachia Ampuh Lumpuhkan Virus Demam Berdarah, Tekan Kasus Hingga 77 Persen di Yogyakarta dan Bantul

Peneliti Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Adi Utarini MSc, MPH, PhD mengungkapkan bahwa bakteri Wolbachia maupun nyamuk sebagai inangnya bukanlah organisme hasil dari modifikasi genetik yang dilakukan di laboratorium.

“Secara materi genetik baik dari nyamuk maupun bakteri Wolbachia yang digunakan, identik dengan organisme yang ditemukan di alam,” ujar Prof Uut, nama sapaannya kepada Kemenkes pada 16 November di Jakarta.

Lebih dari 50 persen serangga secara alami terdapat Wolbachia. Wolbachia mempunyai sifat sebagai simbion atau tidak berdampak negatif pada inangnya.

“Selain itu, analisis risiko yang telah dilakukan oleh 20 ilmuwan independen di Indonesia menyimpulkan bahwa risiko dampak buruk terhadap manusia atau lingkungan dapat diabaikan” lanjut prof Uut.