Jadi Pendidik dalam Kampus Mengajar di SDN Kalangsemanding, Ada Banyak Pengalaman Berharga Tak Terlupakan

Jadi Pendidik dalam Kampus Mengajar di SDN Kalangsemanding, Ada Banyak Pengalaman Berharga Tak Terlupakan

Selain ada banyak kesan positif yang dapat saya petik, mengajar di SDN Kalangsemanding menghadirkan tantangan yang menguji kreativitas saya sebagai seorang pendidik atau mitra guru. -La Masihu Tehuayo-

Awal mula berinteraksi dengan para siswa menjadi suatu bagian yang tidak mungkin terpisahkan dari perjalanan ini. Melihat semangat mereka yang gigih dan ingin rasa tahu yang tinggi ketika mengikuti pembelajaran bersama kakak-kakak Kampus Mengajar memberikan inspirasi baru setiap harinya. 

Proses pembelajaran di sekolah bersama anak-anak tidak hanya sebatas transfer ilmu pengetahuan belaka, melainkan juga menciptakan hubungan yang erat antara kakak-kakak Kampus Mengajar dengan siswa. 

Kolaborasi dengan rekan guru di SDN Kalangsemanding merupakan salah satu kunci dari keberhasilan pembelajaran di kelas. Pertukaran ide dan strategi mengajar selalu berlangsung secara terbuka antara kami.

Yakni peserta Kampus Mengajar dan para dewan guru, menciptakan budaya pembelajaran yang baik dan menyenangkan. Keterbukaan ini menjadi landasan bagi kami di dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. 

Selain ada banyak kesan positif yang dapat saya petik, mengajar di SDN Kalangsemanding menghadirkan tantangan yang menguji kreativitas saya sebagai seorang pendidik atau mitra guru.

Perbedaan latar belakang para siswa menuntut pendekatan yang beragam di dalam menyampaikan materi kepada mereka. Tantangan ini menjadi peluang untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang beragam dan menyenangkan. 

Tidak hanya dalam segi akademik, saya bersama rekan-rekan setim membuat game atau permainan ular tangga berhadiah untuk menghibur para siswa di sekolah ketika jam istirahat telah tiba.
Menjadi pendidik di SDN Kalangsemanding membuat saya punya kesan yang bermakna. Selama menjalankannya, ada banyak jejak mendalam dalam perjalanan pendidikan saya. -La Masihu Tehuayo-

Ular tangga ini berisi beberapa kotak yang di dalamnya terdapat beberapa pertanyaan dan mengharuskan bagi setiap orang untuk menjawabnya ketika berada di kotak yang ia tempati, dan di-skip satu putaran jika tidak bisa menjawab.

Dengan demikian, mereka telah melaksanakan suatu kegiatan yaitu bermain sambil belajar. Permainan ini merupakan salah satu dari sekian banyak permainan yang diminati oleh siswa di sekolah.

Juga menghadirkan salah satu program yang sangat disukai oleh seluruh siswa yaitu kunjungan ke museum bersejarah. Tidak hanya sekadar kunjungan museum.

Para siswa diharapkan dapat mengambil pelajaran dan kesimpulan ketika selesai mengikuti program ini dan dapat memahami serta mengapresiasi nilai-nilai sejarah yang terkandung di tempat tersebut.

BACA JUGA: Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Untag Surabaya Memulai Petualangan Kebinekaan

Menjadi pendidik di SDN Kalangsemanding membuat saya punya kesan yang bermakna. Selama menjalankannya, ada banyak jejak mendalam dalam perjalanan pendidikan saya. Setiap aspek dari pengalaman ini telah memberikan warna yang unik dalam dunia pendidikan.

Melalui kolaborasi, tantangan, dan hubungan yang terjalin kuat, SDN Kalangsemanding tidak hanya menjadi tempat mengajar, tetapi juga rumah bagi pertumbuhan dan pembelajaran yang berkelanjutan. (*)

Oleh: La Masihu Tehuayo, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: