Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Sementara, Dianggap Pilihan Terbaik dari 4 Pimpinan yang Ada

Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Sementara, Dianggap Pilihan Terbaik dari 4 Pimpinan yang Ada

Profil Nawawi Pomolango sebagai ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahurin -Screnshoot/Instagram-

HARIAN DISWAY - Langkah Presiden Joko Widodo menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara pengganti Firli Bahuri diapresiasi banyak pihak. Salah satunya adalah Wadah Pegawai (WP) KPK.

Mantan ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap menyebut bahwa Nawawi Pomolango adalah opsi terbaik yang dimiliki Presiden Jokowi. Dari sisi keilmuan maupun integritas, ia memiliki kapasitas yang lebih dari cukup.

"Sosok ini (Nawawi Pomolango, Red) memang terbaik di antara empat orang pimpinan yang tersisa," kata Yudi Purnomo pada Sabtu, 25 November 2023.

BACA JUGA: Jokowi Teken Keppres Pemberhentian Sementara Firli di Lanud Halim Perdanakusuma

"Dari sisi keilmuan, Nawawi mempunyai kompetensi tinggi karena merupakan mantan hakim tipikor," lanjutnya.


NAWAWI Pomolango jadi Ketua KPK Sementara, dianggap pilihan terbaik dari 4 pimpinan yang ada.-Disway.id-

Yudi mengenal Nawawi Pomolango ketika mereka bekerja sama pada 2019 hingga 2021. Waktu itu, Nawawi baru diangkat menjadi Wakil Pimpinan KPK setelah menjabat hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar.

Dari pengamatannya, Nawawi diterima dan dipercaya di kalangan pegawai. Mulai dari pegawai KPK yang dari unsur Kepolisian, Kejaksaan, hingga ASN KPK tidak memiliki masalah dengannya.

BACA JUGA: Profil dan Perjalanan Karier Nawawi Pomolango, Ketua KPK Sementara Yang Gantikan Firli Bahuri

"Yang terpenting, Nawawi jauh dari sosok kontroversi. Apalagi yang bersangkutan termasuk jarang tampil ke publik," kata Yudi Purnomo.

Selama menjadi Wakil Pimpinan KPK, memang tidak banyak yang dilakukan Nawawi Pomolango. Namun, Yudi menduga, itu karena segala keputusan ada di tangan Firli Bahuri. Nawawi berada di bawah bayang-bayang mantan Kapolda NTB tersebut.

Saking dominannya Firli Bahuri di KPK, Nawawi bahkan pernah menyindirnya sebagai pimpinan yang memiliki kecenderungan one man show. Alias suka bergerak sendiri tanpa melibatkan tim.

BACA JUGA: KPK Tidak Malu Ketuanya Jadi Tersangka Kasus Pemerasan, Sebut Firli Belum Tentu Bersalah

BACA JUGA: Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ini Sederet Kontroversi Firli Bahuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber