Hamas Tuding Inggris Ikut Campur Perang Setelah Kirimkan Pesawat Pengintai ke Gaza

Hamas Tuding Inggris Ikut Campur Perang Setelah Kirimkan Pesawat Pengintai ke Gaza

Hamas mengecam Inggris telah ikut campur dalam peperangan karena mengirimkan Pesawat Pengawasan Shadow R1 untuk membantu Israel menemukan tawanan Hamas di Gaza pada 4 Desember 2023 -Royal Air Force-

Sebagian besar negara pemimpin di yang hadir dalam acara tersebut seperti Qatar, UAE, dan Turki bahkan sempat mengecam tindakan Israel yang langsung melancarkan serangan ke Gaza Selatan pasca gencatan senjata selama seminggu berakhir, hingga menewaskan sebanyak 700 orang.

Delegasi Iran juga bahkan tidak segan meninggalkan pertemuan tersebut, ketika mengetahui bahwa Presiden Israel turut hadir dalam acara itu sebagai bentuk penolakan.

Meskipun pada akhirnya PM Inggris Rishi Sunak tidak mengindahkan seluruh protes yang dilontarkan oleh para pemimpin, dan malah membuat pembelaan seakan-akan Israel adalah korban peperangan dan berhak untuk melindungi negara dan warga mereka.

BACA JUGA:Gencatan Senjata Baru Berakhir, Israel Nekat Langsung Gempur Gaza Lagi


Rishi Sunak saat menghubungi Presiden Prancis, Emmanuel Marcon pada Senin, 30 Oktober 2023 via sambungan telepon membahas rencana pembebasan warga negara sipil yang terjebak di Gaza. -Website Gov.UK-

Inggris telah menjadi mitra pendukung pertama Israel sejak negara Israel resmi berdiri pada tahun 1948.

Inggris juga merupakan negara yang menginisiasi dibangunnya negara Yahudi diatas tanah Palestina pada 2 November 1917. Pendirian negara baru tersebut kala itu, ditandai dengan pencetusan Deklarasi Balfour.

Tercetusnya Perjanjian Balfour menjadi  awal mula penjajahan pada tanah air  Palestina. Puncaknya adalah ketika peristiwa Nakba pada 15 Mei 1948 yang membuat lebih dari 750.000 warga Palestina terusir dari tanah air mereka sendiri. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: