Sepultura Bubar! Simak Perjalanannya yang Diwarnai Pergantian Personel, Kesuksesan, Hingga Kematian (2-Habis)

Sepultura Bubar! Simak Perjalanannya yang Diwarnai Pergantian Personel, Kesuksesan, Hingga Kematian (2-Habis)

SEPULTURA bubar! Simak perjalanannya yang diwarnai pergantian personel, kesuksesan, hingga kematian. Foto: Sepultura 2023, dari kiri, Andreas Kisser, Derrick Green, Paulo Jr., dan Eloy Casagrande.-NME-

HARIAN DISWAY - Sepultura menjadi band metal Brazil pertama yang sukses di luar negeri. Namun, mereka tidak melupakan kampung halaman.

Sepultura kembali tampil di festival Rock in Rio edisi kedua. Untuk menandai kesempatan tersebut, mereka merilis album Arise (1991).

Setelah bermain di Rio de Janeiro, band itu memainkan pertunjukan outdoor gratis di Sao Paulo di Charles Muller Square. Tepat di luar Stadion Pacaembu. Konser gratis itu dimaksudkan sebagai ungkapan cinta mereka terhadap fans di tanah air.

BACA JUGA:Sepultura Bubar! Ini Sejarah dan Perjalanan Band Brazil Pertama yang Go International (1)

Personel keamanan mengantisipasi event itu dihadiri 10 ribu orang. Ternyata, yang hadir mencapai 40 ribu! Saking antusias dan bersemangat mereka, keadaan menjadi tidak terkendali. Enam orang luka, dan seorang fans dibunuh menggunakan kampak.


SEPULTURA bubar! Simak perjalanannya yang diwarnai pergantian personel, kesuksesan, hingga kematian. Foto: Sepultura dalam poster promo showcase gratis di Sao Paulo, 11 Mei 1991.-Sepultura Archive-

Insiden tragis itu membawa aura ketakutan dan stempel negatif bagi Sepultura. Juga bagi para produser bisnis pertunjukan Brazil.

"Selama bertahun-tahun, kami kesulitan menggelar konser. Semua orang takut," kenang Max Cavalera, salah seorang founder Sepultura kepada Rolling Stone. "Konser-kami di Brazil hanya akan terlaksana setelah negosiasi yang panjang dan keras," imbuh musisi yang meninggalkan Sepultura pada 1996 tersebut.

BACA JUGA:Sum 41, Band Rock Kesayangan Generasi Milenial, Bubar Setelah 27 Tahun

Meski ada musibah itu, tur Arise sukses di seluruh dunia. Band death metal itu melakukan konser di tempat-tempat yang tidak pernah mereka bayangkan. Seperti Yunani, Jepang, dan Australia. Dalam perjalanan tur, mereka merilis single pertama band: Third World Posse.

Di Belanda, Sepultura mengadakan festival internasional besar pertama mereka, Dynamo Open Air. Selain itu, lebih dari 100 ribu penggemar merayakan 2 konser stadion mereka yang tiketnya terjual habis di Indonesia. Album Arise pun laku keras.

Mereka juga merilis single Third World Chaos, serta Under Siege dan Dead Embryonic Cells. Dua klip video dari album Arise telah selesai (Arise dan Dead Embryonic Cells). Sedangkan video Under Siege menampilkan cuplikan langsung penampilan mereka dari Barcelona, Spanyol.

BACA JUGA:3 VOC Rock: Kolaborasi Rocker Surabaya dan Titik Balik Musik Cadas

BACA JUGA:3 VOC Rock Luncurkan Single Bersamaan, Berbeda Tapi Tetap Rock

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber