Perkuat Konektivitas Antarwilayah, Kementerian Perhubungan Bangun 5 Terminal Bus Tipe A Baru

Perkuat Konektivitas Antarwilayah, Kementerian Perhubungan Bangun 5 Terminal Bus Tipe A Baru

Terminal Bus Tipe A Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah. Kementerian Perhubungan terus berupaya membangun dan mengembangkan infrastruktur transportasi Terminal Tipe A di berbagai wilayah Indonesia, kata Menhub Budi pada Selasa, 26 Desember 2023. -Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya membangun dan mengembangkan infrastruktur transportasi Terminal Tipe A di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini sebagai bentuk untuk memperkuat konektivitas antarwilayah hingga ke penjuru negeri.

Selama periode 2014 hingga 2023, Kemenhub telah mewujudkan pembangunan terminal baru di 5 lokasi dan melakukan rehabilitasi/revitalisasi terminal di 75 lokasi lainnya. 

“Pembangunan dan revitalisasi Terminal Tipe A di berbagai wilayah menjadi program prioritas pemerintah dalam rangka memperbaiki layanan angkutan bus antar kota antar provinsi maupun dalam provinsi (AKAP/AKDP),” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Selasa, 26 Desember 2023.

BACA JUGA: Sambut Nataru 2023/2024, Ini Langkah-Langkah Kementerian Perhubungan Persiapkan Angkutan Laut

Menhub Budi menjelaskan bahwa pembangunan terminal bus ini perlu dilakukan secara berkelanjutan demi mewujudkan fasilitas terminal yang lebih baik. Harapannya, masyarakat semakin nyaman menggunakan fasilitas Terminal Tipe A.

“Terminal harus bersih dan nyaman agar masyarakat mau menggunakannya. Ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan budaya penggunaan transportasi massal,” tuturnya.

Selain itu, Kemenhub terus berupaya meningkatkan fasilitas Terminal Tipe A agar mencapai standar pelayanan seperti di stasiun atau bandara.

BACA JUGA: Libur Nataru! BNPB-BPBD Minta Masyarakat Jateng Waspada Potensi Cuaca Ekstrim

Terminal ini dirancang dengan konsep mixed use yang mencakup berbagai fasilitas, seperti area komersial, kuliner, layanan publik, hotel, pusat perbelanjaan, ruang serbaguna, dan lain-lain. Selain itu, terminal ini juga terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya.

“Kami membangun terminal yang lebih modern dengan konsep mixed use. Yaitu selain sebagai tempat naik turun penumpang, juga menjadi pusat kegiatan sosial, ekonomi, seni dan budaya masyarakat,” ucap Menhub.

Beberapa Terminal Tipe A yang dibangun dan direvitalisasi secara merata ke sejumlah wilayah, di antaranya: Terminal Paya Ilang di Takengon, Aceh; Terminal Amplas di Medan; Terminal Anak Air di Padang.

BACA JUGA: Wujudkan Indonesia Sentris, Kemenhub Bangun 25 Bandara Baru Hingga Ke Penjuru Negeri

Beberapa Terminal Tipe A lainnya, di antaranya: Terminal Tingkir di Salatiga; Terminal Tamanan di Kediri; Terminal Purabaya di Surabaya; Terminal Bimoku di NTT; Terminal Banjar di Kalimantan Selatan; dan Terminal Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara.

Terminal Tipe A direvitalisasi atau dibangun dengan menggunakan skema Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) rupiah murni dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam proses bertahap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: