PSSI Naturalisasi Idzes-Haye, Indonesia OTW Timnas Hindia Belanda

PSSI Naturalisasi Idzes-Haye, Indonesia OTW Timnas Hindia Belanda

Jay Idzes dan Thom Haye akan segera bermain bergabung bersama Asnawi Mangkualam cs-pssi.org-

HARIAN DISWAY - Ingatkah Anda dengan Tim Nasional Hindia Belanda? Tim nasional sepak bola yang dibentuk pada akhir dekade 1930-an. Yang jadi cikal bakal Timnas Indonesia.

Timnas Hindia Belanda (East Dutch Indies) adalah tim Asia pertama yang merumput di Piala Dunia. Tepatnya di Piala Dunia 1938 yang digelar di Prancis.

Timnas Hindia Belanda dihuni oleh warga pribumi dan sebagian orang Belanda. Nah, timnas Indonesia sepertinya kembali ke marwah Hindia Belanda. Bagaimana tidak? Timnas Garuda saat ini tengah gencar melakukan naturalisasi pemain.

BACA JUGA:Naturalisasi Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On Sulit Rampung Sebelum Piala Asia

Terbaru, Indonesia menaturalisasi Jay Idzes dan Thom Haye. Idzes adalah bek klub Italia, Venezia. Sedangkan Haye adalah Gelandang bertahan tim kasta tertinggi sepak bola Belanda, Heerenveen.

Keduanya sudah berada di Indonesia. Juga sudah sowan ke Gelora Bung Karno, tempat biasa Timnas Indonesia bermain. Mereka pun menyampaikan antusiasnya untuk segera merumput bersama Indonesia. 

"Sangat besar (antusiasme). Aku tidak sabar untuk bermain di sini," ujar Jay Idzes dikutip dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA:PSSI Rencana Naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Ini Profil dan Data Dirinya


Jay Idzes saat kunjungan ke Gelora Bung Karno, 29 Desember 2023-pssi.org-

Hal serupa juga diucapkan oleh Thom Haye. "Stadion yang bagus, sama seperti Jay, saya sudah tidak sabar tampil di sini bersama tim nasional Indonesia."

Jay sudah lebih dulu menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bek berusia 23 tahun itu telah mengucapkan sumpah WNI Kamis, 28 Desember 2023.

Sedangkan Thom Haye masih harus menjalani beberapa persyaratan. Salah satunya medical check-up. Haye menjalani check-up pada Jumat, 29 Desember 2023.

BACA JUGA:Proses Naturalisasi Jay Idzes Lancar, Siap Jadi Pasangan Elkan Baggot

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Pilih 29 Pemain Jelang Piala Asia 2023, Rahmat Irianto Dicoret !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Pssi.org