Sempat Dukung Israel, Kapal Induk USS Gerald R. Ford Balik ke Amerika Serikat

Sempat Dukung Israel, Kapal Induk USS Gerald R. Ford Balik ke Amerika Serikat

Kapal induk USS Gerald R. Ford pada 11 Oktober 2023. Kapal induk terbesar milik Amerika Serikat tersebut akan kembali ke pelabuhan asalnya di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat, kata pejabat Amerika Serikat pada Senin, 1 Januari 2024. -Mass Communication Specialist 2nd Class Jackson Adkins-US Navy

HARIAN DISWAY - Kapal induk USS Gerald R. Ford akan balik ke pelabuhan asalnya di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat. Hal itu menandakan berakhirnya penempatan Kapal induk terbesar Amerika Serikat tersebut di Laut Mediterania sejak serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas terhadap Israel.

Hal tersebut disampaikan oleh dua pejabat Amerika Serikat kepada ABC News pada Senin, 1 Januari 2024. Mereka mengatakan bahwa dalam “beberapa hari mendatang”, kapal induk dan kapal permukaan lainnya akan kembali ke pelabuhan asalnya. 

BACA JUGA: Innalilahi: Prof Rizal Ramli Wafat di Usia 69 Tahun

Hal itu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sejak awal pengiriman kapal ke Laut Mediterania. Kembalinya kapal induk USS Gerald R. Ford ke pelabuhan asal juga bertujuan untuk mempersiapkan misi selanjutnya di masa depan.

Meskipun misi kapal induk USS Gerald R. Ford akan berakhir di Laut Mediterania, Amerika Serikat masih memiliki banyak kemampuan militer di kawasan tersebut. 

Kemampuan militer tersebut termasuk penyebaran kapal penjelajah dan kapal perusak tambahan di Mediterania dan Timur Tengah, kata pejabat tersebut.

BACA JUGA: Benjamin Netanyahu Berambisi Ambil Alih Penuh Koridor Philadephi, Zona Perbatasan Antara Gaza dan Mesir

Kapal induk USS Gerald R. Ford beserta kapal perang yang menyertainya akan digantikan oleh kapal perang amfibi USS Bataan dan kapal perang yang menyertainya, yaitu USS Mesa Verde dan USS Carter Hall.

Ketiga kapal itu berada di Laut Merah dan telah transit menuju Mediterania Timur selama beberapa hari terakhir.


Kapal perang USS Bataan di Laut Merah pada Agustus 2023. Kapal perang ini akan menggantikan posisi kapal induk USS Gerald R. Ford. -Seaforce-

USS Bataan adalah kapal yang membawa sekitar 2.000 marinir dari Unit Ekspedisi Marinir (MEU) ke-26. Armada ke-6 Amerika Serikat menyatakan bahwa pasukan marinir tersebut mampu mendukung berbagai misi di dunia. Kapal perang amfibi itu juga membawa dan mendukung pesawat jet tempur F-35 Korps Marinir.

Patut diketahui bahwa kapal induk USS Gerald R. Ford dikirim ke Laut Mediterania tidak lama setelah serangan 7 Oktober 2023. Tujuannya untuk mendukung Israel dalam Perang Hamas-Israel.

BACA JUGA: Gempa Jepang Menguncang Tahun Baru, Berkekuatan 7,6 Magnitude

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengirim kapal induk tersebut beserta lima kapal perang permukaan lainnya untuk mencegah Hizbullah di Lebanon dan Iran memperluas konflik secara regional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: