Peringatan Hari Jadi Ke-338 Kota Pasuruan, Hujan Kado Prestasi

Peringatan Hari Jadi Ke-338 Kota Pasuruan, Hujan Kado Prestasi

WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menanam bibit pohon di Taman Wisata Kampung Mebel Bukir. -Dinas Kominfo dan Statistik Kota Pasuruan -

HARIAN DISWAY, KOTA PASURUAN - Peringatan Hari Jadi Ke-338 Kota Pasuruan mengusung tema Gandeng Tangan Wujudkan Kota Pasuruan Bersih, Tertib, dan Guyub Rukun. Sebuah gambaran berhasilnya sinergi dan guyub rukunnya perangkat daerah di bawah kepemimpinan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai wali kota dan Adi Wibowo sebagai wakil wali kota. 

Banyak prestasi yang telah mengangkat nama Kota Pasuruan di tingkat provinsi dan nasional.

Apel pagi bersama seluruh pegawai Pemkot Pasuruan menjadi awal peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan. Sementara itu, Gebyar Hari Jadi akan digelar pada 27 Februari. Di usia yang ke-338 tahun ini, ada sederet prestasi yang dipersembahkan beberapa perangkat daerah untuk kota tercintanya. 

BACA JUGA: Lobi Kantor Gus Ipul Disulap Menjadi Ruang Pameran UMKM

Di antaranya, kenaikan pesat capaian indeks reformasi birokrasi (RB), dari kategori B menjadi kategori A-. Kota Pasuruan juga berhasil menaikkan peringkat monitoring center for prevention (MCP) KPK di peringkat ke-3 di Jawa Timur, dari sebelumnya di peringkat terbawah.

Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan pada Kamis, 8 Februari 2024, diawali dengan apel di Taman Wisata Kampung Mebel Bukir. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menyebutkan, lokasi tersebut dipilih sebagai pengenalan dan ajang ”pamer” bahwa makin banyak aset pembangunan yang bisa dinikmati masyarakat nantinya. 

Taman Wisata Kampung Mebel Bukir, disebut Gus Ipul, akan mampu mendongkrak industri mebel yang lesu. 

BACA JUGA: Ditemukan Masih Banyak Siswa SMP di Kota Pasuruan yang Belum Bisa Calistung

Laki-laki yang juga menjabat sekretaris jenderal PBNU itu memamerkan sederet prestasi-prestasi Kota Pasuruan yang diraih sebagian perangkat daerahnya. Penghargaan yang telah diraih tersebut, menurut Gus Ipul, menjadi bukti kerja keras seluruh pegawai Pemkot Pasuruan. 

Penghargaan dari Kementerian PAN-RB yang mengganjar nilai reformasi birokrasi (RB) Kota Pasuruan naik dari kategori B dengan nilai 64,09 di tahun 2022 menjadi 80,08 naik dengan kategori A- di tahun 2023. 

Mengutip di laman media sosial Bagian Organisasi Kota Pasuruan, pada tahun 2023 Pemkot Pasuruan berhasil memperoleh nilai 93,24 dan zona hijau dengan kategori kualitas tertinggi pada penilaian kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI. 

BACA JUGA: Gus Ipul Turun Tangan Resik-resik Terminal Wisata

Sebelumnya, predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Kota Pasuruan berada di zona kuning dengan nilai 77,42. 

”Saat ini nilai MCP dari KPK untuk Kota Pasuruan adalah 44 dan di peringkat bawah. Alhamdulillah, di tahun 2023 nilainya naik menjadi 95 dan Kota Pasuruan menduduki peringkat ke-3 di Jawa Timur,” ungkap Gus Ipul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: