Habis Pemilu, 40 Caleg Stres

Habis Pemilu, 40 Caleg Stres

Ilustrasi caleg stres mendaftar untuk diperiksa kejiwaan.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

BACA JUGA: Pemilu Berlangsung Lancar, Gus Yahya Aktifkan Kembali Pengurus NU yang Sebelumnya Jadi Tim Sukses

Tidurlah yang banyak. Tidur yang cukup penting bagi tubuh dan pikiran. Kualitas tidur yang baik membuat rileks dan meremajakan tubuh, membantu mengatasi efek stres.

Bersikaplah konsisten. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi, termasuk di akhir pekan. Jika memungkinkan, buatlah area tidur Anda tenang, gelap, santai, dan pada suhu yang nyaman.

Batasi penggunaan perangkat elektronik seperti TV, komputer, dan ponsel sebelum tidur. Hindari makan besar, kafein, dan alkohol sebelum tidur.

Berolahragalah. Aktif secara fisik di siang hari dapat membantu Anda lebih mudah tertidur di malam hari.

BACA JUGA: Mengenal Silent Majority, Istilah yang Viral Setelah Pemilu

Terhubung dengan orang lain. Rutin bertemu keluarga dan teman-teman dan bagikan kekhawatiran dan perasaan Anda dengan orang-orang yang Anda percaya. Berhubungan dengan orang lain membantu mengurangi stres.

Konsumsi makanan sehat. Berolahraga. 

Terpenting, batasi waktu mengikuti berita. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengikuti berita di televisi dan media sosial dapat meningkatkan kadar stres. 

Bagian terakhir itu cocok buat caleg yang kira-kira bakal gagal. Makin menyimak berita, terutama mengikuti hasil QC, pasti bakal makin stres. Apalagi, kalau jumlah perolehan suara naik sangat lambat. Tapi, caleg pasti akan terus memantau QC. Dengan harapan menang.

WHO tidak tahu bahwa sebagian caleg di Indonesia bermodal uang utangan. Kalau ternyata kalah, ini yang sulit diatasi. Belum ada rekomendasi WHO untuk itu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: