Proyek Strategis Nasional Wilayah Joglosemar Bakal Tingkatkan Konektivitas di Trans Jawa

Proyek Strategis Nasional Wilayah Joglosemar Bakal Tingkatkan Konektivitas di Trans Jawa

Jalan tol Yogyakarta-Bawen yang merupakan bagian PSN diharapkan semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa. -PUPR BPJT-

HARIAN DISWAY - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjabarkan progres proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen dan jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo yang dijalankan PT Jasamarga Jogja Bawen (PT JJB) dan PT Jasamarga Jogja Solo (PT JMJ), anak usaha milik PT Jasa Marga.

Hal itu dijabarkan dalam Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI di Yogyakarta pada Selasa, 20 Februari 2024 dalam Rapat Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024.

Rapat dipimpin oleh Pimpinan Komisi VI DPR RI Aria Bima, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza dan Pimpinan Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal itu, turut hadir para anggota Komisi VI DPR RI.

BACA JUGA: Menko Airlangga: 25 Proyek PSN Akan Terus Berlanjut di 2024

Berkaitan dengan perkembangan proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen dan Solo Yogyakarta-NYIA Kulon Progo, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyatakan bahwa jalan tol Yogyakarta-Bawen terpisah dalam enam seksi. 

Di antaranya, Seksi 1 Seksi 1 Yogyakarta - Simpang Susun (SS) Banyurejo, Seksi 2 SS Banyurejo - SS Borobudur, Seksi 3 SS Borobudur - Magelang, Seksi 4 SS Magelang - SS Temanggung, Seksi 5 SS Temanggung - SS Ambarawa dan Seksi 6 SS Ambarawa - JC Bawen. 

Secara bertahap, seluruh seksi tersebut sudah berada dalam tahap konstruksi dan pembebasan lahan. Selain itu, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen serta Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo merupakan bagian dari Jaringan Jalan Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang).

"Diharapkan dengan tersambungnya jaringan jalan ini dapat menghubungkan berbagai destinasi pariwisata di sekitar wilayah Jogja-Solo-Semarang hingga memperlancar arus distribusi barang dan jasa di Pulau Jawa,” ujar Subakti. 

Dengan kehadiran jalan tol ini, Subakti bermaksud wilayah Joglosemar yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) bakal meningkatkan konektivitas di Trans Jawa. Peningkatan konektivitas tersebut nantinya akan menyokong kelancaran distribusi barang maupun jasa serta pertumbuhan ekonomi. 

BACA JUGA: Profil Jalan Tol Semarang - Solo, Percepat Waktu Perjalanan di Jawa Tengah

Lebih lanjut, Subakti menyebut Jasa Marga berjanji akan memastikan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen serta Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo bakal berjalan lancar dan sesuai target. 

Dengan mengutamakan unsur Good Corporate Governance (GCG), pihaknya bakal memastikan kelayakan dan kualitas bisnisnya. 

Dalam momen itu, Pimpinan Komisi VI DPR RI, Aria Bima menerangkan bahwa PSN yang telah dibangun pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah memperlihatkan perkembangan signifikan.

"Pembangunan infrastruktur transportasi seperti jalan tol ini memiliki efek domino terhadap perekonomian regional, baik untuk  memperlancar distribusi barang maupun jasa. Dengan adanya proyek ini pun diharapkan dapat menstimulasi aktivitas ekonomi, mendorong investasi, dan membuka peluang kerja," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: