Tinggal Hari Ini, Yuk Borong Buku di Semesta Buku Surabaya yang Banyak Pilihan dan Murah!

Tinggal Hari Ini, Yuk Borong Buku di Semesta Buku Surabaya yang Banyak Pilihan dan Murah!

Semesta Buku berlangsung dari 28 Februari-3 Maret 2024. Berlokasi di Tunjungan Convention Hall, lantai 6 Tunjungan Plaza 3. Selain bazar buku murah, ada pun kegiatan talkshow, bedah buku, jumpa penulis, dan book signing. -Moch. Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Sejak pukul 10.00 WIB, Tunjungan Convention Hall lantai 6 Tunjungan Plaza 3 telah ramai oleh pengunjung yang datang dalam acara Semesta Buku, pada Jumat, 1 Maret 2024. Troli-troli belanja ditarik. Sejumlah buku ditumpuk. 

Seperti namanya, Semesta Buku memang menghadirkan jutaan eksemplar buku. Dijual dengan harga yang murah pula. Diskon mencapai 90 persen sangat menggiurkan. Melihat antusiasme itu, Publishing 1 Vice General Manager Gramedia Andi Tarigan tampak senang dengan antusiasme arek-arek Suroboyo.

BACA JUGA: Harga Mulai Rp 5 Ribu! Gramedia Cuci Gudang di Maspion Square Surabaya

"Semesta Buku telah berjalan sejak pertengahan Februari 2024. Perhelatan itu digelar pada lebih dari 30 kota dan 28 provinsi di Indonesia. Dari Aceh sampai Jayapura," kata Andi.


Suasana Semesta Buku di Tunjungan Convention Hall.-Moch. Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Sebelumnya, Semesta Buku hanya dilangsungkan pada Desember 2023 lalu. Melihat antusiasme warga Jakarta yang mencapai 25 ribu orang, dihelatlah acara yang sama di kota-kota lain. Termasuk Surabaya.

Di situ, para pengunjung bebas memilih buku-buku beragam tema dan genre untuk berbagai usia. Mulai dari buku cerita anak, komik, novel, bisnis, manajemen, pengembangan diri, pendidikan, sejarah, hingga buku religi dan kamus. "Kita berkumpul di sini atas nama satu, yaitu buku," kata Andi dalam jumpa pers pada Jumat, 1 Maret 2024.

BACA JUGA:3.000 Anak Mitra Driver Berhasil Lulus Program GoEnglish Hasil Kerja Sama Gojek dan Gramedia Academy

Andi pun turut menyampaikan keresahannya yang menjadi landasan terciptanya Semesta Buku. "Kita sering mendengar pertanyaan: masihkah ada orang yang senang membaca buku? Namun, bila ditarik ke belakang: Bagaimana sebetulnya penyebaran akses buku di Indonesia? Nyatanya, masih sulit. Terlebih di daerah-daerah," jelas Andi.


Dari kiri ke kanan: Sekjen PP Forum Taman Baca Masyarakat Heni Wardatur Rohmah, Pegiat Literasi Jawa Timur Wibowo Purnomohadi, DRM Business Kanwil 3 BTN Carly Tambunan, Publishing 1 - Vice General Manager Gramedia Andi Tarigan, dan Presenter Kompas TV Surabaya Vivi Virgianty Kusumah-Moch. Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Alhasil, Semesta Buku hadir sebagai wujud komitmen pihak penyelanggara pada pengembangan literasi masyarakat. Terutama akses buku yang berkualitas dengan harga terjangkau di seluruh pelosok Nusantara.

BACA JUGA: Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Jatim Meningkat, Khofifah Minta Generasi Muda Rajin ke Perpus

Tak berjalan sendirian, Semesta Buku turut berkolaborasi dengan 132 komunitas literasi se-Indonesia. Pun, bersama salah satu bank di Surabaya, Semesta Buku menyumbangkan buku dan donasi kepada delapan komunitas literasi dan taman baca di Surabaya.

Menurut Pegiat Literasi Jawa Timur Wibowo Purnomohadi, sebetulnya iklim literasi di Surabaya itu baik-baik saja. Akses buku sudah banyak, bahkan berserakan di sekitar 500 taman baca Surabaya. "Lantas, bagi saya, yang harus di-push sebenarnya adalah pendampingan," kata Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: